PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI SELF-EFFICACY (Studi Pada Siswa Kelas XII MAN 1 Jombang)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha melalui self-efficacy. Di sisi lain, penelitian ini juga bertujuan untuk mengamati efek tidak langsung dari pendidikan kewirausahaan di sekolah terhadap niat siswa kelas dua belas MAN 1 Jombang. Penelitian ini bersifat expost facto. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pendidikan wirausaha di sekolah secara positif dan efektif mempengaruhi niat wirausaha. Hasil lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel intervening (self-efficacy) dapat memperkuat variabel independen, yaitu pendidikan kewirausahaan di sekolah terhadap variabel dependen; niat berwirausaha siswa di MAN 1 Jombang. Mengenai fakta bahwa self-efficacy sangat penting dalam memperkuat kewirausahaan siswa, peneliti ingin menyarankan kepada guru mata pelajaran Kewirausahaan untuk memberikan motivasi kepada siswa agar membuat mereka bersemangat dalam mencoba bisnis wirausaha.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v2i1.725
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/