stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
THE PROCESS OF STUDENTS’ ESSAY WRITING THROUGH FLASH CARD AND STORYTELLING: AN IMPLEMENTATION OF INTEGRATED WRITING | Prastawan | JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature) English Departement of STKIP PGRI Jombang

THE PROCESS OF STUDENTS’ ESSAY WRITING THROUGH FLASH CARD AND STORYTELLING: AN IMPLEMENTATION OF INTEGRATED WRITING

Rikat Eka Prastawan

Abstract


Esai adalah serangkaian tulisan yang panjangnya paling sedikit tiga paragraf. Penullisan esai diajarkan pada semester ketiga Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Adibuana Surabaya. Namun, sebagian besar mahasiswa belum dapat mengembangkan ide dengan baik. Flash Card dan storytelling bisa menjadi media sebagai integrated writing untuk mengembangkan esai mereka. Itu sebabnya peneliti memfokuskan pada proses integrated writing melalui flash card dan storytelling untuk menulis esai yang dibuat oleh mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Adi Buana Surabaya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengumpulan datanya. Data penelitian ini adalah semua kegiatan dalam proses belajar mengajar yang terkait dengan fokus penelitian, sedangkan proses belajar mengajar sebagai implementasi integrated writing sebagai sumber data. Hasilnya menunjukkan adanya tiga tahapan yang meliputi tahap awal, tahap interaktif, dan tahap penulisan. Setiap tahapan membutuhkan seorang guru atau dosen yang dapat menjadi fasilitator yang baik seperti menjadi sumber acuan setiap pertanyaan dan umpan balik bagi mahasiswa agar dapat menghasilkan esai yang baik. Beberapa strategi juga diperlukan untuk mengelola kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa flashcard dan storytelling dapat diterpkan bersama-sama secara terintegrasi dalam mengajarkan menulis esai untuk mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Adibuana Surabaya.

Keywords


Penulisan terintegrasi, Esai, Cerita bergambar, Bercerita

Full Text:

pdf

References


Harmer, Jeremy. (2001). The Practice of English Language Teaching 3rd. Cambridge: Longman.

Kendall, Juli and Outey Khuon. (2006). Writing Sense: Integrated Reading and Writing Lessons for English Language Learners. Portland:Stenhouse Publisher.

Pecorari, Diane. (2013). Teaching to Avoid Plagiarism. NY: Open University Press.

Oshima, Alice and Ann Hogue. (2006). Writing Academic English 3rd Edition. London: Longman.

Swetnam, Derek. (2004). Writing Your Desertation. Oxford: Cromwell Press Ltd.

Wendy, David Starkey. (2006). Keywords in Creative Writing. Logan: Utah State University Press.

Zemach, Dorothy and Lisa A Rumisek. (2005). Academic Writing from Paragraph to Essay. Spain:Mc.Millan Publisher.




DOI: https://doi.org/10.32682/jeell.v5i1.865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by English Department of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JEELL (Journal of English Education, Linguistics and Literature) English Departement of STKIP PGRI Jombang is indexed by:

   
     
     
     
     
     

Dedicated to:

In affiliation with:

Print ISSN 2356-5446, Online ISSN 2598-3059

 Flag Counter

View My Stats

Published by STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/


Creative Commons License
JEELL (Journal of English Education, Language and Literature) English Departement of STKIP PGRI Jombang  English Departement of STKIP PGRI Jombang  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol