ANALISIS KUALITAS PERTANYAAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARANNYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pertanyaan matematis siswa berdasarkan kemampuan penalarannya. Subjek diambil dari kelompok siswa yang kemampuan penalaran matematisnya di atas rata-rata (tinggi), kelompok rata-rata (sedang), dan kelompok di bawah rata-rata (rendah). Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Validasi data ataupun analisisnya merujuk pada teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk siswa dalam kelompok tinggi, pertanyaan yang diajukan mendorong siswa dalam menguji dugaan. Siswa dalam kelompok sedang, pertanyaan yang diajukan kurang mendorong siswa dalam menguji dugaan. Sedangkan siswa dalam kelompok rendah, pertanyaan yang diajukan tidak mendorong siswa dalam menguji dugaan.
Kata Kunci: Analisis, Kualitas Pertanyaan, Kemampuan PenalaranFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v3i1.404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/