PROFIL METAKOGNISI SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH LUAS BIDANG DATAR BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN
Abstract
Metakognisi mempunyai peran yang sangat penting dalam pemecahan masalah matematika. Pemecahan masalah matematika melibatkan kesadaran terhadap proses berfikir serta pengaturan diri. Tujuan dari npenelitian ini adalah untuk mengetahui profil metakogni siswa SMP 2 Mojoagung berdasarkan tipe kepribadian.Subyek penelitian terdiri dari 4 siswa dengan tipe kepribadian chlorelis, melancholis, phlegmatis dan sanguisis.Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian, lembar tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemecahan masalah dan wawancara kemudian dianalisis berdasarkan aktivitas metakognisi pada langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas metakognisi dalam merencanakan : siswa tipe chlorelis sudah menuliskan semua informasi yang diketahui dan membuat coretan coretan kecil untuk membantu dalam penyelesaian. Siswa tipe melancholis telah menuliskan semua informasi yang telah diketahui tetapi tidak membuat coretan-coretan untuk membantu penyelesaian.Siswa tipe phlegmatis menuliskan semua informasi yang telah diketahuidan mampu menghubungkan dengan apa yang akan diselasaikan. Siswa tipe sanguisis menuliskan semua informasi yang telah diketahuidan sudah mempunyai gambaran pada hasil yang akan ditetapkan.aktivitas metakognisi dalam mememonitor pelaksanaan : siswa tipe chlorelis telah memeriksa kesesuain data dengan tujuan yang hendak dicapai. Siswa tipe melancholis telah memeriksa kesesuain data dengan tujuan yang hendak dicapai dan dapat mengetahui cara lain apabila mengalami kesulitan. Siswa tipe phlegmatis telah memeriksa kesesuain data dengan tujuan yang hendak dicapai dengan penuh keyakinan, dapat menyadari kesulitan yang dialami. Siswa tipe sanguisis telah memeriksa kesesuain data dengan tujuan yang hendak dicapai. aktivitas metakognisi dalam evaluasi : siswa tipe chlorelis tidak melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Siswa tipe melancholis telah melakukan pemeriksaan secara mendalam tetapi belum yakin akan hasilnya. Siswa tipe phlegmatis tidak melakukan pemeriksaan . Siswa tipe sanguisis tidak mengevaluasi hasil yang telah dicapai
Kata kunci: profil metakognisi, pemecahan masalah geometri, tipe kepribadian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/