stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR SISWA KELAS V SDN 3 SINGOTRUNAN KEC. BANYUWANGI. KAB. BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2016-2017 | Murwaningsih | Edumath

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTUR SISWA KELAS V SDN 3 SINGOTRUNAN KEC. BANYUWANGI. KAB. BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2016-2017

Dahlia Murwaningsih

Abstract


Dalam  pembelajaran  matematika  sangat  diperlukan  strategi  pembelajaran  yang tepat  yang  dapat  melibatkan  siswa  seoptimal  mungkin  baik  secara  intelektual  maupun emosional.  Karena  pengajaran  matematika  menekankan  pada  keterampilan  proses  kelas dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor  antara  lain  adalah  guru  dan  siswa.  Selain  menguasai materi    seorang  guru  juga  dituntut  untuk  menguasai  strategi-strategi  penyampaian  materi tersebut,  cara  guru  menciptakan  suasana  kelas  akan  berpengaruh  terhadap  respon  siswa dalam  proses  pembelajaran.  Model  Pembelajaran  Kooperatif  adalah  salah  satu  model pembelajaran  yang  dapat  meningkatkan  aktifitas  siswa,  meningkatkan  interaksi, meningkatkan  penguasaan  siswa  terhadap  materi  pembelajaran  dan  akan  meningkatkan motivasi siswa untuk aktif  dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan  dari model pembelajaraan  kooperatif  adalah  pendekatan  struktural,  pada  pendekatan  ini  memberikan pemecahan pada penggunaan struktur yang dirancang untuk  mempengaruhi pola interaksi siswa.  Diharapkan  siswa  bekerja  sama  dan  saling  membantu  dalam  kelompok  kecil  dan lebih pada penghargaan kooperatif dan penghargaan individu.  Tujuan diadakan penelitian tindakan  kelas  (  PTK  )  ini  adalah  untuk  mengetahui  hasil  belajar  matematika  melalui pembelajaran  kooperatif  dengan  pendekatan  struktur.  Penelitian  tindakan  ini  dilakukan dalam  3  siklus.  Dari  hasil  tindakan  yang  dilakukan  terbukti  dapat  meningkatkan  prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari55,56 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,89 % dan siklus 3 mencapai 85,55 %, dan  secara klasikal telah mencapai  ketuntasan.  Hasil  penelitian  tindakan  ini  menunjukkan  bahwa  penerapan pembelajaran  kooperatif  dengan  pendekatan  struktur  dapat  meningkatkan  hasil    belajar siswa  kelas  IV  dengan  ketuntasan  mencapai  100  %,  dengan  demikian  penerapan pembelajaran  kooperatif  dengan  pendekatan  struktur  efektif  dalam  meningkatkan  hasil belajar  siswa  pelajaran  matematika    di  SDN  3  Singotrunan  Kec.  Banyuwangi  Kab.. Banyuwangi.  

Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika di SD , Pembelajaran  Kooperatif dengan Pendekatan Struktur   


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol