UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “TTW”SISWA KELAS VI SDN WATES 5
Abstract
Matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit sehingga banyak siswa tidak menyukainya. Hal ini berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Jika siswa menemukan permasalahan matematis yang dikemas dalam soal cerita, mayoritas siswa merasa pesimis untuk dapat menyelesaikannya. Hasil belajar pemecahan masalah matematis menjadi rendah karena rendahnya disposisi matematis siswa. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa, peneliti menggunakan strategi TTW (Think-Talk-Write). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secarakolaboratif antara peneliti sebagai guru kelas dan teman sejawat. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah, angket disposisi matematis, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VI di SDN Wates 5 setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TTW (think talk write) terlihat bahwa dari siklus I siswa yang memperoleh kategori Kurang dan Sangat Kurang adalah 42,5% dan pada siklus II berkurang menjadi 5%; (2) Peningkatan disposisi matematis siswa kelas VI di SDN Wates 5 setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TTW (think talk write) terlihat bahwa dari sebelum dilaksanakan penelitian sampai akhir siklus I ada peningkatan berdasarkan skor angket disposisi matematis sebesar 30% dan skor angket disposisi matematis dari sebelum dilaksanakan penelitian sampai akhir siklus II sebesar 75%. Dengan demikian, penggunaan pembelajaran kooperatif tipe “TTW” dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa..
Kata kunci: : pemecahan masalah, disposisi matematis, TTW, debit
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/