stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “TTW”SISWA KELAS VI SDN WATES 5 | Hartini | Edumath

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “TTW”SISWA KELAS VI SDN WATES 5

Yatik Hartini

Abstract


Matematika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit sehingga banyak siswa tidak  menyukainya.  Hal  ini  berpengaruh  terhadap  rendahnya  kemampuan  pemecahan masalah  matematis.  Jika  siswa  menemukan  permasalahan  matematis  yang  dikemas  dalam soal  cerita,  mayoritas  siswa  merasa  pesimis  untuk  dapat  menyelesaikannya.  Hasil  belajar pemecahan  masalah  matematis  menjadi  rendah  karena  rendahnya  disposisi  matematis siswa.  Untuk  meningkatkan  kemampuan  pemecahan  masalah  dan  disposisi  matematis siswa,  peneliti  menggunakan  strategi  TTW  (Think-Talk-Write).  Penelitian  ini  merupakan penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  secarakolaboratif  antara  peneliti  sebagai  guru kelas dan teman sejawat. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes  kemampuan  pemecahan  masalah,  angket  disposisi  matematis,  dan  catatan  lapangan. Data  yang  diperoleh  dianalisis  secara  deskriptif  kuantitatif.  Berdasarkan  hasil  penelitian menunjukkan  bahwa:  (1)  Peningkatan  kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa kelas VI di SDN Wates 5 setelah  mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TTW (think talk write)  terlihat  bahwa  dari  siklus  I  siswa  yang  memperoleh  kategori  Kurang  dan  Sangat Kurang adalah 42,5% dan pada siklus II berkurang  menjadi 5%; (2) Peningkatan disposisi matematis siswa kelas VI di SDN Wates 5 setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TTW  (think  talk  write)  terlihat  bahwa  dari  sebelum  dilaksanakan  penelitian  sampai  akhir siklus I ada peningkatan berdasarkan skor angket disposisi matematis sebesar 30% dan skor angket  disposisi  matematis  dari  sebelum  dilaksanakan  penelitian  sampai  akhir  siklus  II sebesar  75%.  Dengan  demikian,  penggunaan  pembelajaran  kooperatif  tipe  “TTW”  dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa.. 

Kata kunci: : pemecahan masalah, disposisi matematis, TTW, debit   


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v5i1.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol