stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA | men | Edumath

ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Royal men

Abstract


Dalam proses belajar mengajar ada beberapa faktor yang ikut menentukan timbulnya minat dan motivasi belajar peserta didik. Antara lain faktor dari luar diri peserta didik dan dari dalam diri peserta didik. Faktor dari luar diri peserta didik berasal dari lingkungan dan dalam diri peserta didik adalah minat dan motivasi belajar. Faktor minat akan menimbulkan ketertarikan peserta didik terhadap sesuatu, dan faktor motivasi adalah pendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu yang diinginkan demi memperoleh kepuasan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat dan motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Peterongan Jombang pada mata pelajaran matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Lembar observasi dan pedoman wawancara di rancang berdasarkan model ARCS. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 8 di kelas IV MI Miftahul Ulum Peterongan Jombang.

Berdasarkan penelitian selama 3 kali pertemuan maka diperoleh hasil, yaitu persentase minat dan motivasi belajar peserta didik dilihat dari data hasil observasi dan wawancara menggunakan model ARCS. Pada pertemuan pertama, pertemuan kedua dan pertemuan ketiga sebagian besar termasuk dalam kriteria tinggi, namun sebagian ada yang memiliki kriteria sangat tinggi dan cukup. Di akhir penelitian disimpulkan bahwa terdapat 2 peserta didik yang memiliki minat dan motivasi belajar sangat tinggi, 3 peserta didik memiliki minat dan motivasi belajar yang tinggi, 2 peserta didik memiliki minat dan motivasi belajar yang cukup dan hanya seorang peserta didik memiliki minat belajar yang rendah namun memiliki motivasi belajar yang cukup. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Peterongan Jombang terhadap mata pelajaran matematika berbeda-beda mulai dari cukup, tinggi dan sangat tinggi.

 


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v1i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol