ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI TINGKAH LAKU (BEHAVIORAL) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep materi matematika dan kurang berperan aktif dalam belajar adalah permasalahan yang terjadi pada peserta didik kelas X MA Syarif Hidayatullah. Guna mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar menggunakan penerapan model pembelajaran modifikasi tingkah laku (Behavioral). Penelitian ini memperoleh hasil yang meningkat dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: 1) observasi aktivitas guru memperoleh hasil 73% kriteria(C) dan meningkat menjadi 86% kriteria(A), 2) observasi aktivitas peserta didik memperoleh hasil 66% kriteria(C) dan meningkat menjadi 79% kriteria(B), 3) hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 70,27 dengan persentase klasikal 66% dan meningkat menjadi 80,22 dengan persentase klasikal 83%. Terdapat peningkatan pada seluruh aspek yang diamati disiklus II, maka siklus dapat dihentikan. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut mampu meningkatkan seluruh aspek yang diamati pada materi persamaan kuadrat..
Kata kunci: Behavioral, PTK, Hasil.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/edumath.v6i2.867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/