PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING KELAS IV SDN 3 BANGOREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Riyanto Eko Wiyono

Abstract


Metode  dalam  pembelajaran  merupakan  cara  yang  teratur  untuk  mencapai  tujuan pengajaran dan untuk memperoleh kemampuan dalam mengembangkan aktivitas belajar yang dilakukan  pendidik  dan  siswa.  Siswa  yang  aktif  dalam  pembelajaran  matematika  akan membuat dirinya lebih kreatif sehingga akan lebih mudah memecahkan masalah matematika. Aktifitas  siswa  dalam  pembelajar  sangat  banyak  meliputi  aktifitas  jasmani  dan  rohani. Keaktifan siswa dalam pembelajaran akan mempengaruhi  pemahaman siswa terhadap materi pelajarannya, yang nantinya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk menumbuhkan sikap  aktif,  kreatif  dan  inovatif  dari  siswa  tidaklah  mudah.  Fakta  yang  terjadi  adalah  guru dianggap sumber belajar yang paling benar. Proses pembelajaran yang terjadi  memposisikan siswa  sebagai  pendengar  ceramah  guru.  Akibatnya  proses  belajar  mengajar  cenderung membosankan  dan  menjadikan  siswa  malas  belajar.  Tujuan  diadakan  penelitian  tindakan kelas  (  PTK  )  ini  adalah  untuk  mengetahui  penerapan  model  pembelajaran  dengan  problem posing  pada  pelajaran  matematika.  Penelitian  tindakan  ini  dilakukan  dalam  3  siklus.  Dari hasil  tindakan  yang  dilakukan  terbukti  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa  dengan mencapai standar ideal. Dari 57 % pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 69,5 %  dan  siklus  3  mencapai  85  %,  dan    secara  klasikal  telah  mencapai  ketuntasan.  Hasil penelitian  tindakan  ini  menunjukkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran  dengan  problem posing dapat meningkatkan hasil   belajar siswa kelas IV dengan ketuntasan mencapai 100%, dengan  demikian  penerapan  model  pembelajaran  dengan  problem  posing  efektif  dalam meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pelajaran  matematika  di  SDNegeri  3  Bangorejo    Kab. Banyuwangi. 

Kata  kunci:  Model  pembelajaran  dengan  problem  posing,    Hasil  Belajar  Siswa,  Pelajaran Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/