PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON HITUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN PESANTREN TEMBELANG JOMBANG TAHUN 2017/2018

Sri Wicamari

Abstract


Rendahnya pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.  Siswa merasa bingung dan kesulitan saat dihadapkan pada soal-soal yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangantiga angkayang mempunyai penyelesaian cukup rumit yang membutuhkan teknik menyimpan dan meminjam. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media pembelajaran pohon hitung pada saat pembelajaran.  Media pembelajaran pohon hitung ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan memudahkan guru dalam memberikan materi kepada siswa.Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pesantren Tembelang Jombang.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase aktivitas kemampuan pendidik pada siklus I sebesar 65,4% dalam kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 90,4% dalam kategori sangat baik. Rata-rata aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu memperhatikan penjelasan guru dari 57% menjadi 86%, membaca dan mengerjakan tugas dari 71% menjadi 90%, memperagakan media pembelajaran pohon hitung dari 62% menjadi 86%, dan membuat kesimpulan dari 57% menjadi 90%. Rata-rata hasil belajar siklus I 69,29 dengan ketuntasan klasikal 57,14%, dan mengalami peningkatan di siklus II yaitu 85,48 dengan ketuntasan secara klasikal 100%. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media pembelajaran pohon hitung pada materi penjumlahan dan pengurangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Pesantren Tembelang

Kata Kunci: media pohon hitung, aktivitas belajar dan hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/