MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nur Khozanah Ilmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran bermain. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-VI Sekolah Dasar, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang diambil dengan cara diundi, menggunakan metode cluster random sampling. Penelitian menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey, instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung sebesar -2,569 dengan probability 0,012 (p<0,05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Peningkatan motivasi belajar kelompok eksperimen sebesar 6,72 atau 5,21%, sehingga disimpulkah model pembelajaran bermain dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i1.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by Physical Education and Health Study Program of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan is indexed by:

   
     
     
     
     
     


Dedicated to:


 

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/