PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN PADA PESERTA DIDIK DI MAN 1 NGANJUK

Nurul Aulia Khoirunnisa, Dr. Firman

Abstract


Problem Solving Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemandirian belajar pada peserta didik. Model ini dapat
diterapkan pada mata pelajaran PPKn yang memiliki tujuan agar peserta didik
dapat terbiasa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil serta
dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritisnya. Melalui penerapan model
ini diharapkan salah satu permasalahan pembelajaran selama ini yaitu lemahnya
tingkat berfikir kritis dapat diatasi dengan meningkatkan kemandirian belajar
peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model Problem
Solving Learning terhadap kemandirian belajar mata pelajaran PPKn pada peserta
didik di MAN 1 Nganjuk.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau
tidak adanya pengaruh model Problem Solving Learning terhadap kemandirian
belajar mata pelajaran PPKn pada peserta didik di MAN 1 Nganjuk.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk dalam jenis
penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan bentuk
Pre-Experimental Designs bentuk desain penelitiannya berupa eksperimen OneGroup Pretest-Posttest Design. Variabel bebas (X) dari penelitian ini adalah
model Problem Solving Learning dan variabel terikat atau (Y) yaitu kemandirian
belajar. Populasi dari penelitian adalah peserta didik kelas XI di MAN 1 Nganjuk.
Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI AGAMA 1 MAN 1 Nganjuk.
Hasil penelitian dan analisis data yang menggunakan SPSS dengan rumus regresi
linier sederhana/ regresi linier tunggal maka, peneliti memperoleh hasil dari
adanya pengaruh model Problem Solving Learning terhadap kemandirian belajar
mata pelajaran PPKn pada peserta didik di MAN 1 Nganjuk. Melalui pengujian
hipotesis dari Uji F dengan menggunakan SPSS dapat diketahui bahwa nilai F
sebesar 30,971 dengan melihat tingkat signifikansi sebesar 0,000 <0.05 maka
apabila tingkat sigifikansi < 0,05 maka hasil model regresi tersebut dapat
menunjukkan ada pengaruh variabel Model Problem Solving Learning (X)
terhadap variabel Kemandirian Belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini
peneliti dapat menyimpulkan semakin baik penerapan model Problem Solving
Learning dalam proses pembelajaran maka dapat meningkatkan kemandirian
belajar menjadi lebih optimal


Full Text:

PDF

References


Desiyantina, I. 2014. Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi

Belajar, (Online), (digilib.unila.ac.id/10283/15/BAB%20II.pdf), diakses 18

Oktober 2017.

Kemendikbud. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI

SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mustaji, Z. A. 2014. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belaja

Mata Pelajaran Pkn Tema Penegakan HAM Pada Siswa Kelas VII B Mts

Raudlatul Hasanah Pasean Pamekasan, (Online),(http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10056), diakses 6

November 2016.

Saputra, A.M. 2016. Pengaruh Facebook Sebagai Media Pembelajaran

Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Terhadap Prestasi dan

Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Wonogiri,

(Online),(http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/civics/article/v

iew/3821), diakses 6 November 2017.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Thobroni. 2016. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar

Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional, (Online), (sindiker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-

Sisdiknas.pdf), diakses 26 Desember 2016.

Utomo, W. 2014. Model Pembelajaran Problem Solving, (Online),

(digilib.uinsby.ac.id/3878/5/Bab%202.pdf), diakses 17 November 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/