stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PEMBELAJARAN INOVATIF-INSPIRATIF PADA GENERASI MILENIAL: ARTIKULASI DAN TANTANGANNYA | Firman | JOURNAL PROCEEDING

PEMBELAJARAN INOVATIF-INSPIRATIF PADA GENERASI MILENIAL: ARTIKULASI DAN TANTANGANNYA

Dr. Firman

Abstract


Manusia adalah makhluk pendidikan yang senantiasa melakukuan transformasi dalam proses kehidupannya, melalui berbagai tantangan dan kreatifitasnya untuk mencapai derajat kemanusiaannya dengan belajar. Dalam proses tersebut to improve man as man. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan adalah sebagai proses humanisasi, atau yang dalam kosa kata bahasa kita sering disebut “pemanusiaan”. Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed). Untuk itu peran guru adalah mengkreasi dan memahami model-model pembelajaran inovatif. Perkembangan teknologi informasi telah berlangsung dengan sangat cepat, dan membentuk budaya baru secara signifikan. Budaya baru ini, secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi bagaimana siswa mengikuti sebuah proses pembelajaran. Bagi seorang guru yang inspiratif, kehadiran budaya baru dan era milenial ini selayaknya ditempatkan sebagai potensi dan tantangan untuk mengembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif dan inspiratif. Guru yang profesional dalam setiap pembelajaran, perlu mendayagunakan sumber belajar seoptimal mungkin, hal ini sangatlah penting, karena keefektifan pembelajaran ditentukan pula oleh kemauan dan kemampuan mendayagunakan sumber-sumber belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol