stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
SCRUTINIZING DISCOURSE MARKERS IN ENGLISH LISTENING SECTION OF SENIOR HIGH SCHOOL NATIONAL EXAMINATION IN 2015/2016 | Budiman | JOURNAL PROCEEDING

SCRUTINIZING DISCOURSE MARKERS IN ENGLISH LISTENING SECTION OF SENIOR HIGH SCHOOL NATIONAL EXAMINATION IN 2015/2016

Asep Budiman

Abstract


Pemarkah atau Discourse Makers (DMs) secara jelas dapat menunjukkan organisasi wacana, mengingatkan pendengar tentang makna-makna wacana sebelum dan sesudahnya, dan mengekspresikan secara jelas tindak tutur yang konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi jenis pemarkah yang digunakan dalam wacana dialog, (2) untuk menggambarkan fungsi – fungsi pemarkah berdasarkan konteks kejadian dalam percakapan, dan (3) untuk menempatkan peran pemarkah pada hasil keterampilan listening secara signifikan. Data penelitian diambil dari unsur-unsur listening section dalam ujian nasional bahasa Inggris SMA di 2015/2016. Kemudian data ditranskripsikan, diklasifikasikan berdasarkan teori DMs dari Heeman dan Allen, menggambarkan fungsi DMs, dan memutuskan peran DMs. Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif untuk menghitung jenis-jenis penanda, dan menggambarkan secara kualitatif fungsi-fungsi DMs dan memutuskan peran DMs. Hasilnya menunjukkan bahwa DMs hanya muncul sekali, “Oh”, untuk klarifikasi; dan peran penanda mendukung hasil keterampilan Listening secara signifikan karena membantu pemahaman, interpretasi, dan penarikan kembali informasi dari maksud penutur asli dalam dialog. Namun, distribusi DMs utamanya terbatas pada posisi awal kalimat. Oleh karena itu, penulis buku teks dan perancang ujian nasional Bahasa Inggris disarankan untuk lebih fokus pada distribusi dan konteks DMs. Guru dan siswa harus menyadari peran DMs dalam EFL Listening comprehension, membiasakan diri dengan DMs yang ditampilkan dalam buku teks, dan menggunakan materi listening yang otentik untuk mengkompensasi kekurangan pada buku teks.

 

Kata Kunci : Percakapan, pemarkah, ujian nasional listening section, pembelajaran komprehensi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol