stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
MENINGKATKAN SELF DIRECTED LEARNING MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI MATEMATIKA STKIP PGRI JOMBANG | Nurmilah | JOURNAL PROCEEDING

MENINGKATKAN SELF DIRECTED LEARNING MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI MATEMATIKA STKIP PGRI JOMBANG

Rifa Nurmilah

Abstract


Pembelajaran berpusat mahasiswa merupakan strategi pembelajaran yang menempatkan mahasiswa (pebelajar) sebagai peserta didik aktif dan mandiri, dengan kondisi psikologi sebagai pebelajar dewasa (adult learner), bertanggung jawab sepenuhnya atas pembelajarannya, serta mampu belajar di luar kelas (beyond the classroom). Dengan prinsip ini kelak diharapkan para alumni memiliki dan menghayati karakteristik life-long learner yang memiliki hard skills dan soft skills yang saling menunjang. Melalui Problem Based Learning (PBL) mahasiswa dapat meningkatkan  belajar secara mandiri Self Directed Learning (SDL) sangat diperlukan dalam proses belajarnya untuk mencapai tujuan (kebutuhan). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan efektivitas strategi PBL dalam meningkatkan SDL dan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan Matematika. (1) aktivitas mahasiswa efektif (2) rata-rata hasil belajar 85,44.

      Kata kunci: efektif, Problem Based Learning (PBL), Self Directed Learning (SDL)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol