stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA | Yusnita | JOURNAL PROCEEDING

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Ella Sukriliya Yusnita, Ririn Febriyanti

Abstract


Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray ini mempunyai kelebihan yaitu (1) diharapkan siswa akan berani mengungkapkan pendapatnya; (2) Menambah kekompakan dan rasa percaya diri siswa; (3) Kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa  MTsN 12 jombang tahun ajaran2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 12 Jombang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 61 siswa yaitu 31 siswa kelas kontrol dan 30 siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling).  Berdasarkan hasil perhitungan uji-t didapatkan nilai  dengan taraf signifikansi 5%, nilai  adalah 2,001, sehingga nilai  yang mengakibatkan H0 ditolak maka H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa diterapkan model pembelajaran Two stay Two Stray. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Tahun Ajaran 2017/2018

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol