Aplikasi Pembelajaran E Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
Abstract
Hasil observasi mengindikasikan bahwa kemampuan pemahaman materi pelajaran oleh siswa dalam proses belajar mengajar belum optimal. Peneliti mencoba menerapkan pembelajaran e-learning untuk mengatasi hambatan dan kendala yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajarane-learning terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa kelas X AV SMKNegeri 3 Jombang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X AV SMK Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan masing-masing dua pertemuan dalam setiap siklusnya. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode tes, observasi. Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 dan siklus 2 terlihat peningkatan aktivitas guru dari 70% dengan kriteria cukup (C) menjadi 87,5% dengan kriteria baik (B), aktivitas siswa dari 73,07% dengan kriteria cukup (C) menjadi 83,86% dengan kriteria baik (B) dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,4 dengan presentase klasikal 71,43% menjadi 89,69 dengan presentase klasikal 94,29%.
Kata Kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pembelajaran E-Learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.