stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
MAKNA ASOSIATIF DALAM LIRIK LAGU TOMMY J PISA | astutik | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

MAKNA ASOSIATIF DALAM LIRIK LAGU TOMMY J PISA

yuli astutik

Abstract


Penelitian dengan judul Makna Asosiatif dalam Lirik Lagu Tommy J Pisa. Pembahasan yang diangkat oleh peneliti adalah tentang kajian semantik yakni jenis – jenis makna. Akan tetapi peneliti hanya memfokuskan pada jenis makna asosiatif dengan dua rumusan masalah yakni mengenai jenis dan makna asosiatif yang meliputi makna konotatif, makna stilistik, makna afektif, makna reflektif dan makna kolokatif. Peneliti memilih lirik lagu Tommy J Pisa sebagai objek penelitian karena dalam objek tersebut banyak mengandung pembahasan mengenai rumusan masalah tersebut.

Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  kualitatif yang bersifat mendeskripsikan data, untuk mempermudah dalam pengumpulan data mengenai makna asosiatif yaitu makna konotatif, makna stilistik, makna afektif, makna reflektif dan makna kolokatif yang terdapat pada lirik lagu karya Tommy J Pisa. Peneliti menggunakan tabel instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan tabel klasifikasi.

Hasil penelitian yang berjudul Makna Asosiatif dalam Lirik Lagu Tommy J Pisa. Peneliti menemukan jenis – jenis makna asosiatif yaitu makna konotatif makna yang tidak sebenarnya, makna stilistik makna yang berhubungan dengan perbedaan sosial, makna afektif makna yang berhubungan dengan perasaan pendengar, makna reflektif makna yang menimbulkan makna lain dan makna kolokatif merupakan makna yang berada pada tempat yang sama.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol