PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran picture and picture. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelas merupakan suatu pendekatan untuk memperbaiki proses dan hasil pendidikan melalui perubahan, dengan memotivasi guru dan siswa agar melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa kegiatan penelitian ini telah berhasil dan memberikan perubahan positif pada hasil belajar materi Neraca Pembayaran dalam Perdagangan Internasional terutama dalam pemahaman konsep Neraca Pembayaran melalui suatu model pembelajaran kooperatif picture and picture . Dengan model pembelajaran ini diharapkan siswa mampu memahami konsep Neraca Pembayaran dalam Perdagangan Internasional.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Picture and picture, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi
Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition).
Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Purwanto, N. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 1989. Evaluasi Hasil Belajar: Krontruksi dan Analisis. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suhardjono, 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Kelas. Malang: Cakrawala Indonesis LP3 Universitas Negeri Malang.
Sulistyowati, Shanti Nugroho dan Triatmojo, Cahyo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Jombang: STKIP PGRI Jombang
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Bantul Press.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka: Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v3i1.1361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/