PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI JOGOROTO KABUPATEN JOMBANG

Wahyu Aris Setyawan

Abstract


Ekonomi selalu dianggap sulit oleh siswa. Oleh karena itu, guru harus efektif dalam memilih suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran Discovery. Pembelajaran Discovery adalah suatu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah untuk pengembangan pengetahuan dan ketrampilan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X SMAN Jogoroto Jombang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 29. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji beda (T paired). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada proses pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan dari kelas kontrol, untuk memecahkan masalah sebesar 82,7%, mengambil keputusan sebesar 79,3%, menganalisis asumsi 89,6%, dan membuat kesimpulan sebesar 86,2% serta hasil dari uji T paired sebesar 12,373 sehingga lebih besar dari T tabel sebesar 0,68304.Ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas kontrol rata-rata sebesar 69,13 dengan ketuntasan klasikal 69%, pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 87,24 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian pembelajaran melalui pembelajaran Discovery pokok bahasan Kebutuhan dapat mempengaruhi peningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMAN Jogoroto Jombang tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: Pembelajaran Discovery, Kemampuan berfikir kritis siswa, dan hasil belajar siswa


Full Text:

PDF

References


Alex, A. (2013). Guided Discovery Learning Strategy and Senior School Students Performance in Mathematics in Ejigbo Nigeria. Journal of Education and Practice, 4(12), 82-90.

Arikunto. (2006). prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. jakarta: PT Rineka Cipta.

Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Journal of Educational Research, 4(35), 1-20.

Effiong, U. M. (2010). Effect of Guided Discovery Student Centred Demonstration and The Expository Instructional Strategies on Students in Chemistry. Multi-Disciplinary Journal, 4(16), 389-398.

Jew, S. H. (2008). Scaffolding Discovery learning Spaces. Journal Of Learning and Teaching, 4(4), 533-548.

Kartono,Hardi, Nawaddah NE. (2015). Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis. Jurnal Kuasi Eksperimen, 4(1),




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v3i2.1388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/