stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN XX MADIUN | Munarsi | JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)

PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN XX MADIUN

Winda Sugik Munarsi, Satrijo Budiwobowo, Elly Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana pendidikan dan komitmen guru terhadap kinerja guru. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan 66 responden. Teknik pengambilan menggunakan metode sampel jenuh. Teknik analisis dengan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana prasarana pendidikan dan komitmen guru tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. ketersediaan sarana prasarana yang baik ataupun tingginya komitmen tidak berdampak pada kinerja. Kondisi tersebut terjadi diindikasikan karena kinerja guru pada objek penelitian hanya sebatas untuk memenuhi kewajiban sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Full Text:

PDF

References


Admin4. (2018). Permasalahan Guru di Indonesia. Retrieved from 1 September 2018 website: https://www.uinjkt.ac.id/id/permasalahan-guru-di-indonesia/

Dewi, N. I. S., Yolamalinda, & Verawati, R. (2017). Pengaruh pengalaman mengajar, motivasi kerja, budaya kerja, dan sarana prasarana terhadap kinerja guru di smp negeri 30 padang. 1–13.

Indonesia, P. R. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jakarta.

Ismail, & Sjahruddin, H. (2018). Pengaruh profesionalisme dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru. (1), 99–112.

Khotimah, K., Eprillison, V., & Dahen, L. D. (2017). Pengaruh sarana dan prasarana, insentif guru, pelatihan guru, dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru di smk n 1 sijunjung. 1–14.

Lestari, W. (2018). Pengaruh Motivasi,Disiplin Kerja ,Sarana prasarana terhadap Kinerja Guru PNS di SMP Negeri 2 Ambal. 1–31.

Nasional, M. P. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Jakarta.

Ningsih, P. (2017). Kabupaten Mamuju Utara ( Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu ). Jurnal Katalogis, 5, 181–190.

Setiawan, R. W., Minarsih, M. M., & Wrso, M. M. (2016). Pengaruh pendidikan, pelatihan dan sarana prasarana terhadap pengembangan karir yang berdampak pada loyalitas pegawai kantor kecamatan semarang timur. Journal Of Management, 2(2), 1–11.

Subhan, A. (2017). Pengaruh Kompetensi, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru (Studi pada SMK Negeri di Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 5, 17–26.

Wardani, L. kusuma. (2104). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi terhadap kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja guru SMP Negeri Kota Tegal. 1–16.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.1467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol