PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN METODE CERAMAH

Cahyo Tri Atmojo, Fatimatuz Zuhriyah

Abstract


Inovasi dan kreasi dalam pendidikan sangat diperlukan, sehingga dapat mengantisipasi kondisi  era revolusi industri 4.0, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X-A dan X-B. antara menggunakan Model Think Pair Share (TPS) dan metode ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan (a) Observsi, (b) Tes. Perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X antara Model TPS dengan metode ceramah dibuktikan dengan hasil analisa data yang dihasilkan dengan  t hitung sebesar 5.923, sedangkan t tabel adalah t(35,0.025) sebesar 2.030. Sehingga  thitung  lebih besar dari pada  ttabel dengan nilai significant (sig 2-tailed) sebesar  0.000 lebih kecil setengah α = 0.025  dan proporsi (P), P = 0.000 dengan taraf  kesalahan α sebesar 0.05 maka P<α. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisa data ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X antara kelas yang penerapan Model TPS dengan kelas yang menerapkan metode ceramah pada mata pelajaran Ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Azlina, N. N. (2010). CETLs: Supporting collaborative activities among students and teachers through the use of Think-Pair-Share techniques. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), 7(5), 18

Djamarah B. S. Dan Zain A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Handoko, Leo .2012. Pengertian Model Pembelajaran Think Pair Share.(online)

http://danang-leo-handoko.blogspot.com/2012/01/pengertian-model-pembelajaran-think.html [Diakses pada tanggal 12 februari 2012]

Kurniawan, H., & Istiningrum, A. A. (2012). Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi kompetensi dasar menghitung mutasi dana kas kecil siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).

Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui think pair share (tps) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1432-1436




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v3i2.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/