PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM RANGKA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Linda Zanuarista, Shanti Nugroho Sulistyowati

Abstract


Berdasarkan hasil Observasi didapatkan informasi bahwa keaktifan dan hasil belajar ekonomi di MA Hasyim Asy’ari  Jogoroto masih rendah dilihat dari pengalaman guru pada pembelajaran di tahun-tahun sebelumnya, dimana sebanyak kurang lebih 50 % siswa yang pasif dan sering membentuk gank, siswa kurang antusias dan berani dalam mengutarakan pendapat serta karena dipengaruhi oleh cara penyajian atau model pembelajaran yang diterapkan oleh guru yang menurut siswa menjenuhkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam rangka meningkatkana aktivitas belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS-1 di MA Hasyim Asy’ari Jogoroto sebanyak 40 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data aktivitas siswa serta guru dengan teknik observasi dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan Pada siklus I dengan rata-rata aktivitas siswa sebesar 30 % dan tindakan guru sebesar 64 % . Kekurangan pada siklus I diperbaiki di siklus II, ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata aktivitas siswa yaitu sebesar 60 % dan tindakan guru sebanyak 93 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions).


Keywords


Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Christiawan, Pratomo Adi. 2013. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 4 SMA N 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013”. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.

Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1-17

Tirtarahardja dan La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemenag. 2003. “UU RI 2003” dari online: http://kemenag.go.id/file/dokumen /UU2003.pdf. 29 Februari 2016.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i1.1532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/