stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN SOFTWARE VALUASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI | Masruchan | JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)

PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN SOFTWARE VALUASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI

Masruchan Masruchan

Abstract


 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan Software evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Media Pembelajaran Ekonomi. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jomgbang 2019/2020. Angket yang digunakan sebagai instrument dalam penelitian di validasi oleh dua orang validator yang ahli dibidang evaluasi pembelajaran. Hasil analisis data yang diperoleh dari pre-test dan post-test menunjukkan terjadi peningkatan pada konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Media Pembelajaran Ekonomi sebesar 0,45, dengan interpretasi peningkatan sedang. Dari lima indikator konsentrasi belajar, indikator ketelitian mengalami peningkatan tertinggi yaitu sebesar 0,53 dan indikator pemahaman mengalami peningkatan paling rendah yaitu 0,36. Berdasarkan wawancara mendalam terhadap mahasiswa yang digunakan sebagai sampling, ketelitian meningkat akibat adanya batasan waktu dan ketakutan mahasiswa terhadap respon jawaban yang diinput mahasiswa pada quizizz. Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Software Quizizz membantu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Penggunaan Quizizz dapat dilakukan oleh dosen pengampu matakuliah lain, guru dan mahasiswa yang akan melaksanakan Real Teaching untuk mendukung revolusi industri 4.0.


Keywords


Media Pembelajaran, industri 4.0, dan Quizizz

Full Text:

PDF

References


Darmaningrat, E. W. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning pada Pembelajaran Pengayaan Di Sekolah Menengah Kota Surabaya. Surabaya: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamida, Naba, dkk. (2011). Studi Komparasi Penggunaan Laboratorium Virtual dan Laboratorium Riil Dalam Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Mahasiswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. ISSN: 2337-9995. Vol.2 No.2 Tahun 2013. (Diakses 10 Juli 2014)

Hasanah, N. (2014). Konsentrasi Belajar Pada Kegiatan Origami Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Gedongkiwo Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi republik indonesia. (2015, desember 28).tentang standar nasional pendidikan tinggi. Peraturanmenteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi republik indonesia nomor 44. Jakarta, dki, indonesia: kemenristekdikti

Nana Sudjana.(2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Sinar Baru Algensindo.

Purba, L. S. L. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Koloid. EduMatSains, 1(2), 137-152.

Rachman.(2010). Teori Konsentrasi Belajar. Diakses dari http://repository.upi/s_tb_055186_bab_ii.pdf/.Pada tanggal 6 Maret 2019 pukul 12.32 WIB.

Sugandi, Ahmad. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES

Suo Yan mei, S. Y. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. Journal of Social Sciences Education and Research, 208-212.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan &

Aplikasinya, Jakarta : Rineka.

Wilson, J.P. (2001). Drug Information. Edition 209-231. New York:

McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i1.1536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol