PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KAFE DI JOMBANG

Yuli Lukita Sari, Cahyo Tri Atmojo

Abstract


Desain adalah perlengkapan penting pada suatu produk yang berupa aspek fisik, dimana aspek tersebut dapat mempengaruhi minat pelanggan untuk tetap membeli produk yang sedang diproduksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah desain produk. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh desain produk terhadap loyalitas pelanggan.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel bebas desain produk dan variabel terikat loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 67 pelanggan di Kafe Mie Djoedes Jombang. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.

Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 2,128 + 0,330x. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,330. Sehingga diambil kesimpulan bahwa desain produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.


Keywords


Desain Produk, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Dharmmesta, Basu Swastha. 1980. Menejemen Barang dalam Pemasaran. Yogyakarta : BPFE- UGM

Ersa, Taufan Yunanda. 2013. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus pada konveksi CV. Labonita Makmur Raharjo, Kudus). Skripsi. Fakultas ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Semarang (http://lib.unnes.ac.id/17796/1/7311409015.pdf, diakses pada tanggal 02 Desember 2016)

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Keenam. Yogyakarta : BPFE- UGM

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Liangan, Ricky. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Elektronik Pada Toko Sinar Mutiara Gorontalo. (http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFEB/article/download/12541/12409, diakses pada tanggal 30 Nopember 2019)




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i2.1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/