FAKTOR PENDUKUNG KEPUTUSAN BERKUNJUNG DESTINASI WISATA SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS BAJAK LAUT 2 WONOSALAM JOMBANG)
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak besar pada destinasi wisata. Jumlah kunjungan wisatawan menurun setelah wabah ini menyebar. Peraturan pemerintah mewajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menghindari keramaian. Pandemi COVID-19 sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel protokol kesehatan dan harga mempengaruhi keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang artinya penggunaannya untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu fenomena dengan menggunakan data kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian sampel ini menggunakan non-probability, tepatnya menggunakan purposive sampling yang diambil dari pengunjung yang datang pada rentang waktu pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Protokol Kesehatan mempengaruhi keputusan berkunjung ke destinasi wisata. Variabel Harga mempengaruhi Keputusan Berkunjung, faktor pendukung harga meliputi penetapan harga, cara pembayaran dan potongan harga
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadhli, K., Himmah, S. R., & Taqiyuddin, A. 2021. ANALISIS PERUBAHAN POLA KONSUMSI MASYARAKAT PENERIMA BANTUAN SOSIAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 110–117. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2777
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 (ed.)). Universitas Diponegoro.
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. 2020. Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101
Jannah, L. A., Rahmatika, A. N., Ismail, A. N., & Fadhli, K. 2021. Manajemen Strategi Pengembangan Halal Tourism di Jombang. REVENUE : Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Syariah, 04(01), 14–23. https://ejournal.stieba.ac.id/index.php/revenue/article/view/32/20
Jatmiko, H., & Sandy, S. R. O. 2020. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Ke Hotel Di Kota Jember Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pariwisata, 3(2), 93–100.
Kiswanto, A. H. 2011. Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung wisata Dampo Awang Beach Rembang. In Jurnal Nasional Pariwisata.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Sinaga, O. S., Candra, V., & Putri, D. E. 2020. Peran Fasilitas Dan Harga Untuk Mendorong Minat Berkunjung Dalam Situasi Covid 19 (Studi Pada Taman Hewan Kota …. … , Ekonomi, Akuntansi, September, 431–438.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.” Alfabeta.
Tjiptono, F. 2007. Strategi pemasaran. ANDI.
Yulita, H. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata Terhadap Keputusan Untuk Berkunjung. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 2(2), 165–183.
www.kemkes.go.id
www.kompas.com
www.bps.go.id
www.lipuran6.com
DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i2.2234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ani Yufida Umsa, Mar’atul Fahimah, Siti Munawaroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
![]() ![]() ![]() | ![]() | |||
![]() | ![]() | ![]() | ||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/