PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 4 DI SMAN 1 AROSBAYA

Jailani Jailani, Manah Tarman, Ika Lis Mariatun

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode pendekatan  penelitian  dan  pengembangan (Research and Development) atau R & D dengan menggunakan model ADDIE. Jenis penelitian dan pengembangan ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut, yang termasuk dalam kajian tekstual. Menggunakan sumber data Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS 4 di SMAN 1 Arosbaya dengan data penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis website. Penelitian ini juga menggunakan alur penelitian analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Dengan prosedur pengumpulan data yang sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Hasil penilaian oleh ahli materi, penilaian media pembelajaran berbasis website dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,16 termasuk dalam kategori sangat layak, demikian juga dengan aspek kemanfaatan memperoleh skor sebesar 4 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Ahli media menilai media dari aspek desain website memperoleh skor sebesar 3,37  termasuk dalam kategori sangat layak, aspek tata letak isi memperoleh skor sebesar 3,33 temasuk dalam kategori sangat layak, dan aspek ilustrasi  memperoleh skor sebesar 3,14 termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan praktisi pembelajaran akuntansi (guru) menilai media dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,4 termasuk dalam kategori sangat layak, aspek kemanfaatan memperoleh skor sebesar (guru) 3,5 dan (siswa) 3,81  termasuk dalam kategori sangat layak, aspek penyajian memperoleh skor sebesar (guru) 4,33 dan (siswa) 3,75 termasuk dalam kategori sangat layak dan aspek bahasa memperoleh skor sebesar guru 3,2 dan siswa 3,72 termasuk dalam kategori sangat layak.


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran, Berbasis Website, Pelajaran Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2019). Pengaruh pemahaman akuntansi koperasi berbasis sak-etap, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, pengendalian intern akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan (studi empiris pada koperasi simpan pinjam di kabupaten kudus). UMK.

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. CV Abe Kreatifindo.

Mulyatiningsih, E. (2012). Modul kuliah pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada

Neviyarni, N. (2012). Analisis Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Bimbingan Konseling Dalam Perencanaan Layanan Bimbingan Belajar di SMAN 2 Padang.

Prayitno & Belferik, M. (2011). Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Medan: Penerbit Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Rusman, M. P., & Cepi, R. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Uno, H. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Cetakan kesembilan. PT Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i2.2259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/