PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RESTORAN HOKBEN PADA MASA PANDEMI DI KABUPATEN KARAWANG

Yoga Prasetyo Wibowo, Joko Tri Susilo, Abdul Holik, Danang Kusnanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganakisis seberapa pengaruh parsial dan simultan variabel kesadaran merek dan kualitas produk terhadao keputusan pembelian pada restoran cepat saji Hokben Mall Ciplaz Karawang.Penelitian ini menguunakan metode Deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 sampel (Responden). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa regresi berganda dengan pengujian hipotesis uji parsial dan simultan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh parsial variabel kesadaran merek tehadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan yaitu sebesar 20,86%, dan variabel kualitas produk terhadap keputusan pemeblian secara positif dan signifikan sebesar 67,65%. Secara bersama-sama varaibel kesadaran merek dan kualitas produk memiliki pengaruh simultan yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu sebesar 63,8% sedangakan sisanya 36,2% merupakan hasil dari variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.


Keywords


Kesadaran Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ashari, A. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA VIXION.

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Bantul, D. K. P. K. (2020). Covid-19. Https://Dinkes.Bantulkab.Go.Id/Berita/800-Mengenal-Covid-19.

Choirunisa, S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek pada Keputusan Pembelian melalui Media Sosial pada Kosmetim Wardah(Studi pada Qween Cosmetics And Perfumes Wonosobo).

Citranuari, S. J. (2015). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, KESADARAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG Studi Pada Konsumen Produk Kecantikan Ponds di Universitas Negeri Yogyakarta. Nhk技研, 151, 10–17.

Efi, O., Ariyanti, D., & Manajemen, J. (2011). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA SWALAYAN ANEKA JAYA BOJA SKRIPSI Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi pada Universitas Negeri Semarang.

FIRDAUS, F. F. (2015). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Promosi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung.

Fitri dani lestari, 2016. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Cudbury. 53(9), 1689–1699.

Hasibuan, D. H. M. S. P. (2011). MANAJEMEN DASAR,PENGERTIAN, DAN MASALAH.

Kaleb Hardjono, Leonardi Satria Puta, S. H. M. (2019). “PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, PRICE PROMOTION, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DI HOKBEN SUPERMAL KARAWACI, TANGERANG”. In http://repository.uph.edu/id/eprint/8373.

Kelana, N. R. (2018). Analisis kualitas produk dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian mobil mitsubishi xpander di yogyakarta.

Lestari, P. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN TEH BOTOL SOSRO(Studi Pada Mahasiswa Reguler Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Unpas Bandung). In http:fe.unpas.ac.id.

Liwe, F. (2016). Kesadaran Merek, Keragaman Produk, Dan Kualitas Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Di Kentucky Fried Chicken Manado. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mazuanda, D. (2018). Pengaruh Citra Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Distro Vearst Jeans Bandung (Survey pada pengunjung Distro Vearst Jeans Bandung). In http://repository.unpas.ac.id/32844/.

Noviyanti, D. I., & Taufik, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstick Wardah Exclusif Matte Lip Cream Mahasiswi STIE Widya Gama Lumajang. 10–16.

Pasaribu, J. F., Soebandhi, S., Suyono, J., & Elisabeth, D. R. (2019). The Impact Of Lifestyle, Brand Awareness, Product Quality, On Purchasing Decisions And Repurchase Intention. (International Journal of Integrated Education, Engineering and Business) Volume 2 Number 2 September 2019, 2(1), 137–145. https://doi.org/10.29138/prd.v2i1.127

Prasetyo, R. A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere, Keragaman Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mirota Batik Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rahayu, M. T. (2017). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di toko Donat Madu Cihanjuang cabang.

Ratnasari, I., & Suswardji, E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fungisida Pt. Bayer Cropscience Pada Para Petani Di Kecamatan Rawamerta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fungisida Pt. Bayer Cropscience Pada Para Petani Di Kecamatan Rawamerta, 15(1), 87–96.

Ridho, M. R. (2014). Pengaruh Sistem Informasi Manufaktur Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Pt Jp Technology Muhammat. CBIS Journal, Volume 2 No 2, ISSN 2337-8794, 2(2), 118–136.

Rohmawati, I. (2018). pengaruh kualitas produk life style dan presepsi harga terhadap keputusan pembelian pizza hut cabang madiun. In http://eprints.umpo.ac.id/4098/ (Vol. 110, Issue 9).

Saiful Anwar. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Pocari Sweat. In Diponegoro Journal Of Management (Vol. 4, Issue 1).

Saputra, A. W., & Dinalestari, P. (2017). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND PRODUCT QUALITY CONCERNING AUTOMOBILE BUYING DECISION OF ISUZU PANTHER AT PT . ASTRA ISUZU SEMARANG Pendahuluan Kebutuhan sarana transportasi merupakan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang sejalan dengan semakin ting. Jurnal Administrasi Bisnis, 6, 102–109.

Saraswati, A., & Rahyuda, I. (2017). Brand Image Memediasi Kualitas Produk Dan Harga Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(6), 255257.

Sudarso, A. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Di Cv.Panda Bakery. https://doi.org/10.31219/osf.io/vkjs4

SULISTYA, W. A. (2014). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID ( Pada Mahasiswa Manajemen FEB UNDIP Semarang ).

Tuhagana, sungkono dan A. (2020). PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRODUKSI PUPUK DI KARAWANG. Buana Ilmu Vol 4 No 2 ISSN : 2541-6995 E ISSN : 2580-5517, 4(2), 176–203.

Widowati, I. (2014). Analisis Retail Service Quality (RSQ) dan pengaruhnya terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian. Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.

Wijaya, I. M. (2013). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, BRAND PERSONALITY AND BRAND AWARENESS ON CONSUMER PURCHASE INTENTION OF APPLE SMARTPHONE. EMBA, 1(9), 1562–1570.

Yetti Agisti, F. U. (2013). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 22–34.

https://www.topbrand-award.com (2020). Top Brand Award Restoran Fastfood fase 2 2019. Diakses pada 2 November 2020, dari http://www.topbrand-award.com/en/2019/07/restoran-fastfood-fase-2-2019/

https://www.tobrand-award.com (2020). Top Brand Award, Top Brand Index Restoran Fastfood 2020. Diakses pada 2 November 2020, dari https://www.topbrand-award.com/top-brand-indekx/




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i1.2339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/