ANALISIS KESIAPAN GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA YPM 3 SUMOBITO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru terhadap penerapan pembelajaran online di SMA YPM 3 Sumobito. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh atau dikumpulkan secara langsung dari sumber datanya. Hasil penelitian mengenai kesiapan guru terhadap pembelajaran online di SMA YPM 3 Sumobito yaitu terhadap kesiapan pembelajaran online membuat peserta didik kurang aktif. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar online terhadap peserta didik yaitu : a) guru sulit menjelaskan materi kepada peserta didik, b) saat pemberian tugas peserta didik hanya mengcopy paste tugas temannya melalui grup whatsApp, c) kesulitannya yaitu susah untuk dipantau satu persatu, d) waktu pembelajaran online juga dibatasi hanya satu jam, e) peserta didik sulit aktif dalam pembelajaran online sepeti ini, karena mereka mementingkan kehidupan apa yang mereka lakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aydın, C. H., & Tasci, D. (2005). Measuring Readiness for e-Learning Reflections from an Emerging Country. Educational Technology & Society Anadolu University, 8, 244–257.
Choiroh, Nisaul. 2020. Efektivitas pembelajaran berbasis daring/E-Learning dalam pandangan siswa online). https://iain-surakarta.ac.id/%EF%BB%BFefektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-e-learning-dalam-pandangan-siswa/. Senin, 12 juli 2020)
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Eveline. (2010). Teori dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hadi, N, & Nur, I. (2013). Tingkat Kesiapan (Readiness) Implimentasi E-learning di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. Yogyakarta.
Priyanto. (2008). Model E-learning Readiness Sebagai Strategi Pengembangan E-learning. International Seminar Proceedings, Information And Yogyakarta State University.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i2.2412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
![]() ![]() ![]() | ![]() | |||
![]() | ![]() | ![]() | ||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/