FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI MASKER SENSI DUCKBILL UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO

Eni Candra Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing, competitive price, dan  electronic word of mouth terhadap minat beli masker SENSI duckbill pada mahasiswa aktif Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 384 responden yang merupakan mahasiswa aktif Universitas Sains Al-Qur’an yang pernah dan selalu menggunakan masker SENSI duckbill. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing, competitive price, dan electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif terhadap minat beli masker SENSI duckbill pada mahasiswa aktif Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Viral marketing berpengaruh terhadap minat beli yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,476 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Competitive price berpengaruh terhadap minat beli dibuktikan dengan nilai  t hitung sebesar 2,933 dengan nilai signifikansi sebesar 0,004<0,05. Electronic word of mouth berpengaruh terhadap minat beli dibuktikan dengan t hitung sebesar 2,053 dengan nili signifikansi sebesar 0,041<0,05.


Keywords


Viral Marketing, Competitive Price, dan Electronic Word Of Mouth

Full Text:

PDF

References


Agatha, C., Tumbel, A., dan Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame di Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 131-140.

Arifin, A. (2003). Viral Marketing On Strategy. Yogyakarta: Andi.

Handaruwati, I., dan Dewi, A. M. (2018). Pengaruh Viral Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Produk. Journal STIE YPPI, 4(2), 125-138.

Ismagilova, E., dkk. (2017). Electronic Word Of Mouth in the Marketing Context. Cham: Springer Nature.

Kismono, G. (2014). Bisnis Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P. (1999). Marketing Jilid 1. (Purwoko, H. terjemahan). Erlangga. [Judul asli: Marketing Esentials.]

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 8. (Sihombing, D. terjemahan). Erlangga. [Judul asli: Principles Of Marketing]

Naufal, A., dan Sari, D. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) Terhadap Minat Beli Buldalk Bokkeummyeon (Samyang) pada Masyarakat di Kota Bandung. e-Proceeding of Management , 4(3), 2866-2871.

Oktavira, M., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen, 13(2), 195-203.

Petrescu, M. (2014). Viral Marketing and Social Network. New York: Business Expert Press.

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management, 6(3), 1-13.

Rohmah, S. N., & Oktapiani, S. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Masker Medis Sensi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 43-49.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widjaja, Y. R., & Alexandra, R. (2019). The Impact Of Viral Marketing On Consumer Interest On Indihome Product. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(1), 103-107




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v4i2.2493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/