E-COMMERCE MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Abstract
Wirausaha dinilai bisa mengatasi masalah pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan. Selama ini, modal dan tempat merupakan suatu kendala untuk memulai usaha sekarang, akan tetapi hal itu sudah bukan menjadi kendala lagi, dikarenakan semakin berkembangnya teknologi beserta fasilitas yang memadai. Universitas sebagai salah satu sarana dan pemberi fasilitas dalam mencetak generasi muda mempunyai kewajiban dalam melatih dan memberi motivasi mahasiswa untuk mandiri secara ekonomi dengan berwirausaha. Didukung dengan perkembangan teknologi software sekarang ini seperti aplikasi web E-Commerce sangat membantu dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa di Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas PGRI Madiun. Metode penelitian ini dengan deskriptif kualitatif. Dengan mengambil informan dari 3 mahasiswa yang sudah menjalankan usaha dengan mempromosikan lewat web E-Commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana e-commerce bisa menumbuhkan minat berwirausahaMahasiswa Universitas PGRI Madiun. Hasil penelitian tentang E-Commerce menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa Universitas PGRI Madiun menunjukkan bahwa E-Commerce bisa menyebabkan bertambahnya minat mahasiswadan mau berwirausaha karena dengan e commerce tidak diperlukan modal yang cukup banyak untuk memulai usaha.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bukalapak.com Panduan belanja online di bukalapak bukalapak.com. htpps://panduan.bukalapak.com/buyer
Buchari Alma. 2016. Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung
I Made Adi Pranata, Gede Sri Darma. 2014. Strategi Penerapan e-commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Volume 11, No. 1. Hal. 69- 81
Jubilee Enterprise. 2013. Toko Online Moderen. Elex Media Komputindo. Jakarta.Koentjoro. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Rudyanti Dorotea Tobing. 2015. Aspek – Aspek Hukum Bisnis. Pengertian Asas, Teori dan Praktik. LaksBang Justitia. Surabaya.
Miles, B, Huberman, A, M. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Senna Saflianda Cendikia Putra, Ketut Indraningrat., Abdul Halim. 2017 . Persepsi Mahasiswa Terhadap E-commerce melalui Facebook di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akutansi. Volume IV (1) hal. 72 – 78.
.Susatyo Herlambang, 2014. Basic Marketing (Dasar- Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Gosyen Publishing. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i1.2517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yahya Reka Wirawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
![]() ![]() ![]() | ![]() | |||
![]() | ![]() | ![]() | ||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/