MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI KELUARGA MELALUI SISTEM KEMITRAAN BISNIS BERBASIS MOMPRENEUR DI DESA MOJOSARIREJO, KEMLAGI, MOJOKERTO

Diah Dinaloni, Henky Muktiadji

Abstract


Banyak pemberdayaan ekonomi yang dilakukan pemerintah dan masih  fokus pada penyediaan modal, melalui mekanisme simpan pinjam biasa. Hal ini berdampak tidak optimalnya penggunaan dana untuk mencetak wirausahawan yang handal, karena masih kurangnya komponen pendukung program, seperti ketersediaan jaringan usaha dan pendampingan yang intens. Terkait dengan permasalahan tersebut, pemerintah menghimbau untuk mendorong perubahan yang bersifat sistemik dan menyeluruh dalam upaya penanggulangan kemiskinan dalam bentuk model pemberdayaan melalui sistem kemitraan bisnis yang melibatkan tiga pihak, yaitu masyarakat, pengusaha, dan pemerintah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi: (1) Model pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan bisnis berbasis mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto; (2) Strategi pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan bisnis berbasis mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto; (3) Faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan bisnis berbasis mompreneur; dan (4) Keberhasilan model pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan bisnis berbasis mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang berlokasi di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Subjek penelitian adalah pemerintah daerah, pengusaha, dan ibu-ibu di  Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pemberdayaan ekonomi keluarga di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto melibatkan tiga pihak, yaitu masyarakat, pengusaha, dan pemerintah. Metode kemitraan bisnis digunakan dengan harapan akan membawa kemajuan pada kedua pihak, yaitu pengusaha akan mendapat perluasan jaringan bisnis, masyarakat akan mendapatkan paket bisnis beserta pendampingannya, dan pemerintah harus dapat menjalankan fungsinya sebagai pengawas; (2) Strategi pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan bisnis berbasis mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto dilakukan melalui: (a) pengembangan sumber daya manusia melalui beberapa bentuk kegiatan seperti pelatihan keterampilan dan pemberian bekal pengetahuan bagi ibu-ibu di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto; (b) pengembangan usaha produktif dengan  berpartisipasi ikut membuka usaha produkif antara lain usaha kuliner dan kerajinan tas rajut; (c) penyediaan informasi tepat guna untuk mengenalkan desa beserta produk yang dihasilkan kepada masyarakat luas; (3) Faktor yang mendukung pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan  berbasis mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto adalah tingginya partisipasi mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto yang antusias dengan adanya pelatihan yang diadakan. Sedangkan faktor yang menghambat pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan  berbasis mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto adalah dana; (4)  Keberhasilan model pemberdayaan ekonomi keluarga melalui sistem kemitraan berbasis mompreneur di Desa Mojosarirejo, Kemlagi, Mojokerto dapat dilihat dari: (a) kegiatan produksi masyarakat yang mengalami peningkatan produksi dan skill atau kemampuan yang bertambah; (b) kegiatan distribusi masyarakat terlaksana dengan baik dan mengalami kemajuan; dan (c)  kegiatan konsumsi juga mengalami peningkatan.


Keywords


Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Kemitraan, Mompreneur

Full Text:

PDF

References


Anwas, O.M. (2014). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta

Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Indonesia Dalam Angka 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Indonesia Dalam Angka 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Human Development Report. (2016). Human Development Report 2016: Human Development for Everyone. Diakses dari hdr.undp.org/sites/default/files/2016_human_development_report.pdf. pada tanggal 5 Februari 2022, Jam 19.30.

Komite Penanggulangan Kemiskinan. (2012). Buku Pedoman Komite Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta: Sekretariat Komite Penanggulangan Kemiskinan.

Jafar, Muhammad Hafsah. (2010). Kemitraan Usaha. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Mardikanto, Totok. (2011). Konsep-Konsep Pemberdayaan Masyarakat. Surakarta: UNS Press.

Mardikanto, Totok. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Rita Yuliana. (2012). Model Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pengembang Ekonomi Lokal Melalui Sistem Kemitraan Bisnis Islam. Jurnal Economica




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i1.2540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/