stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IPS- X SMA MAJAPAHIT 1 TROWULAN MOJOKERTO | Wahyuni | JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen)

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IPS- X SMA MAJAPAHIT 1 TROWULAN MOJOKERTO

Dwi Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IPS-X SMA Majapahit 1 Trowulan Mojokerto. Minat belajar yang ditumbuhkan dari dalam diri siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar yang baik. Begitu pula dengan motivasi belajar yang terbentuk oleh siswa dengan didukung dari pendekatan atau penjelasan guru dapat mempengaruhi prestasi belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IPS-X SMA Majapahit 1 Trowulan Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS-X (1,2,3) yang berjumlah 84 siswa. Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling atau yang biasa disebut dengan sampling jenuh. Sampel jenuh ini digunakan karena jumlah populasi yang relatif kecil dengan sampel penelitian yang berjumlah 84 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IPS-X SMA Majapahit 1 Trowulan Mojokerto. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, motivasi belajar juga pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.


Keywords


minat belajar, motivasi belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Ahmad, Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No.10 Tahun ke-7 (2008) 11-21.

Agus suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Dinar TNP, Gatot Isnani. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Online https://core.ac.uk/download/pdf/287321568.pdf. diakses pada 1 Desember 2020.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusmiati. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Online.https://media.nelit.com/media/publications/168580-ID-pengaruh-minat- belajar-terhadap-prestasi.pdf. diakses pada 1 Desember 2020.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah. 2003. Minat Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i1.2568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol