PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK KOSMETIK MS GLOW TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Riza Nurdiana, Yulia Effrisanti

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan (1) ada atau tidaknya pengaruh brand image pada kepuasan pelanggan Ms Glow (2) ada atau tidaknya pengaruh brand image pada loyalitas pelanggan Ms Glow (3) ada atau tidaknya pengaruh brand image pada loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada produk kosmetik Ms Glow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui angket. Responden penelitian sebanyak 80 orang. Metode analisis data penelitian menggunakan path analysis. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial brand image berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, dan pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Ms Glow secara langsung memiliki nilai lebih kecil daripada pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Ms Glow melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Simpulan yang ialah apabila sebuah produk memiliki brand image atau citra merek baik maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang dapat membentuk loyalitas pelanggan. Saran kepada peneliti selanjutnya yaitu memperluas cakupan penelitian agar ditambahkan variabel baru dan menggunakan teknik analisis yang lebih variatif.

Keywords


Brand image, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Andreas, Julius. 2012. Pengaruh Brand Credibility terhadap Word of mouth Melalui Customer Satisfaction dan Customer loyalty Pada Giant Hypermarket di Surabaya. Jurnal universitas katolik widya mandala Surabaya, 11 (4) : 1-8.

Compass.co. 2021. Tembus Rp 30 Miliar! Ini Data Penjualan MS Glow Bulan Juli 2021 di Shopee. (https://compas.co.id/article/data-penjualan-ms-glow/) Online diakses 22 Maret 2022

Fachmi, Muhammad. Setiawan, Ikrar Putra. 2020. Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah: Analisis Kasus Melalui Riset di Industri Asuransi Jiwa. Malang: Pustaka Learning Center

Gedalia, Chaterina Clara, Subagio, Hartono. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Monopole Coffee Lab Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 3 No. 1. 1-10

Lutfi, dkk. 2017. Analisis Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa. Vol. 1 No. 2. 159-166

Miran, Ikas. 2021. The Effect Of Product Quality And Brand Image On Customer Loyalty: Customer Satisfaction As An Intervening Variabel (An Empirical Study Of Honda Motorcycle Customers In Kampar Regency). Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 9 No. 2. 129-140

Novianti, Dkk. 2018. Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 8, No. 1. 90-108

Sawlani, Dhiraj Kelly. 2021. Digital Marketing: Brand Image. Surabaya: Sorpindo Media Pustaka

Siyoto, Sandu. Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Atmojo, C. T. (2021). KREATIVITAS PELAKU INDUSTRI EKONOMI KREATIF KABUPATEN JOMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF STRATEGI PROMOSI. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 15(2), 267-277.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i1.2577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/