PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF BERBASIS MASALAH UNTUK PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA PADA MATAKULIAH PUBLIC RELATION

Asmuni Asmuni

Abstract


Pembelajaran Koperatif Berbasis masalah (Problem-based Cooperative Learning (PbCL) adalah model pembelajaran yang sangat berpusat pada siswa/mahasiswa yang secara khusus efektif untuk melayani siswa/mahasiswa milenial. Dalam penelitian ini, model PbCL diterapkan pada perkuliahan Public Relation. Tiga fase PbCL dilaksanakan untuk mengubah dosen dan mahasiswa dari paradigma pembelajaran yang berpusat pada dosen ke paradigma pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Refleksi mahasiswa dikumpulkan untuk menganalisis perkembangan mahasiswa pada ranah kognitif, psikologis dan pengembangan diri mereka. Selama fase pertama, mahasiswa mengalami siklus ‘bingung’ (‘trauma’) sebelum mereka pindah ke fase berikutnya yang mengembangkan kognitif, psikologis dan pengembangan diri mereka. Ditemukan bahwa ketika memasuki fase ketiga PbCL, mahasiswa telah meningkatkan pengembangan diri, keterampilan interpersonal, harga diri, dan pengembangan keterampilan sosial lainnya. Penelitian ini mengungkapkan bahwa melalui proses pembelajaran PbCL mahasiswa terlibat secara aktif dalam memahami konsep Public Relation yang sebenarnya. Yang paling penting, motivasi dan tekanan eksternal yang diberikan memungkinkan mereka untuk merangkul konsep dan kesadaran yang pada akhirnya memberi dampak signifikan pada pengembangan diri dan keterampilan mahasiswa.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah, Problem-based learning, Pengembangan diri. Public Relation

Full Text:

PDF

References


Amri, F., & Atmojo, C. T. (2021). Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 62-76.

Atmojo, C. T. (2019). Analisis pendidikan ekonomi pada SMA/MA di Kabupaten Jombang dalam perspektif nilai rasionalitas, altruisme dan moralitas ekonomi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Atmojo, C. T., & Zuhriyah, F. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN METODE CERAMAH.

Adi, F.M., Phang, F.A., and Yusof, K.M. (2012). Student perceptions change in a chemical engineering class using cooperative problem based learning (CPBL). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 56, 627-635.

Barrows, H. S., & Kelson, A.C. (1995). Problem-based learning in secondary education and the problem-based learning institute. Springfield, IL: Problem-Based Learning Institute 1(1), 1-5.

Boud, D., & Feletti, G. (1997). In Boud and Feletti (Eds), Changing poblem based learning, in The Challenge of Problem-based Learning, 2nd Edition., London: Kogan Page, p. 1.

Duch, B.J., Allen, D.E., & White, H.B. (1999). Problem Based Learning: Preparing students to succeed in the 21st century. Teaching Matters, 3(2), The University of Hong Kong Centre for the Advancement of University Teaching.

Duderstadt, J.J. (2008). Engineering for a changing world: A roadmap to the future of engineering practice, research and education. The Millennium Project, The University of Michigan, Ann Arbor, Michigan.

Felder, R.M., &Brent, R. (2007). Cooperative Learning, in P. A. Mabrouk (Ed) Active Learning: Models from the Analytical Sciences, pp 34-53. ACS Symposium Series 970, Chapter 4. Washington DC: American Chemical Society.

Hmelo-Silver, C.E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational psychology review, 16(3), 235-266.

Johnson, D.W., Johnson, R.T., & Smith, K.A. (2006). Active Learning: Cooperation in the College Classroom. Edina, Minnesota: Interact Book Company.

Phang, F. A., Yusof, K. M., Abd Aziz, A., Nawi, N.D., & Musa, A.N. (2017). Cooperative problem-based learning to develop 21st century skills among secondary school students through STEM education. IEEE 2017 7th World Engineering Education Forum (WEEF), 405-409.

Tan, O.S. (2003). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st Century. Singapore: Thomson Learning,

Woods, D.R. (1996). Problem-based Learning: Helping Your Students Gain Most from PBL, 3rd Edition. Ontario, Canada: D. R. Woods Publishing.

Woods, D.R, Felder, R.M., Rugarcia, A.., & Stice, J.M. (2000). The Future of Engineering Education: III. Developing Critical Skill. Chemical Engineering Education, 34(2), 108-117.

Yusof, K.M, Helmi, S.A., Jamaludin, M.Z., & Harun, N.F. (2011). Cooperative Problem-Based Learning (CPBL): A Practical PBL Model for a Typical Course. iJET, 6(3), 12-20.

Yusof, K.M., Helmi, S.A., Hassan, S., Jamaludin, M.Z., & Harun, N.F. (2012). Cooperative Problem-based Learning (CPBL): Framework for Integrating Cooperative Learning and Problem-based Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 223–232.

Yusof, K.M., Sadikin, A.N., Phang, F. A., & Aziz, A.A. (2016). Instilling professional skills and sustainable development through Problem-Based Learning (PBL) among first year engineering students. International Journal of Engineering Education 32(1), 333-347.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i1.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/