DIMENSI CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT

Mar’atul Fahimah, Hairul Anwar

Abstract


Pandemi selama 2 tahun mengubah seluruh sektor bisnis. Perilaku konsumen mengalami peralihan. Pelaku bisnis wajib mengadopsi strategi khususnya pemasaran ke arah digital. Tujuan dari riset untuk mengetahui “Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement”. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Data yang dibutuhkan dalam riset berikut ialah data primer dan data sekunder. Tahapan penarikan sample dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang memakai yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini reader dari dimensi content marketing mempengaruh terhadap customer engagement. Diantara dimensi tersebut, yaitu reader cognition, sharing motivation, persuation, dan decision making berpengaruh terhadap customer engagement. Konten yang mudah dimengerti, keberagaman isi, dan kebenaran konten sesuai dengan kenyataan dapat meningkatkan keterlibatan konsumen.

 

Kata Kunci: Content Marketing, Customer Engagement



Full Text:

PDF

References


Artvanka, L., & Hidayat, R. (2021). Analisis Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Customer Engagement ( Studi Kasus Pt . Golden Communication Lampung Tahun 2021 ) Analysis of the Influence of Instagram Content Marketing on Customer Engagement ( Case Study of Pt . Golden Communicati. 7(5), 1011–1017.

Baltes, P. L. (2015). Content marketing - the fundamental tool of digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences, 2(8), 111–118. http://webbut.unitbv.ro/BU2015/Series V/BILETIN I/15_Patrutiu.pdf

Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta. International Conference on Technology, Education and Sciences, 138–148. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/index

Chandra, C. N., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadaID). Prologia, 5(1), 191. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10116

Dessart, L., Veloutsou, C., & Morgan-Thomas, A. (2015). Consumer engagement in online brand communities: a social media perspective. Journal of Product & Brand Management, 24(1), 28–42. https://doi.org/10.1108/JPBM-06-2014-0635

Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. Meltwater E-Books.

Sirelo.com. (2022). Total Customer Engagement pada Instagram fiesta nugget mengalami kenaikan dan penurunan setiap bulannya di tahun 2022. https://sirelo.com/

Study, C., Kimia, P. T., Moley, C., Nellyaningsih, D., Prodi, D., Pemasaran, M., Terapan, F. I., & Telkom, U. (2020). Pengaruh Content Marketing Instagram Terhadap Customer Engagement ( Studi Kasus Pt . Kimia Farma Tahun 2020 ) the Effect of Content Marketing Instagram To Customer Engagement. 6(2), 2800–2808.

Suara.com. (n.d.). Pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia pada tahun 2022. https://www.suara.com/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i2.2599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/