HUBUNGAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MASA PANDEMI COVID – 19 DI TOKO KLONTONG BU AMINAH DESA KEDUNGLOSARI TEMBELANG JOMBANG
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana pelayanan yang diberikan produsen untuk kepuasan konsumen, dengan pelayanan yang maksimal apakah konsumen tertarik atau Kembali kepada produsen yang memberikan layanan, penelitian dilakukan ditoko klontong bu Aminah Desa Kedunglosari Tembelang Jombang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa adanya pandemi Covid-19 terhadap pelayanan yang nantinya konsumen mengambil keputusan untuk melakukan pembelian di toko klontong bu Aminah Desa Kedunglosari Tembelang Jombang. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif yaitu menggunakan riset konklusif eksperimental, yaitu menjelaskan tentang hubungan antara variabel dalam analisi perhitungan spss 21. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pelayanan dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian konsumen. Populasi pada penelitian ini yaitu semua konsumen ditoko klontong bu Aminah dan sampel yaitu pelanggan tetap ditoko klontong bu Aminah. Sumber data penelitian yang akan digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data yang sudah berhasil dikumpulkan selanjutnya dilakukan uji t. Hasil dari Nilai t hitung hitung yang dipengaruhi oleh pelayanan pada keputusan pembelian konsumen di ditoko klontong bu Aminah mendapat hasil sebesar -0,934 dan signifikansi senilai 0,369 > 0,05 maka pelayanan bernilai negatif. Jadi hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang kurang maksimal mempunyai pengaruh buruk (negatif) dan signifikan terhadap keputusan membeli barang/produk di ditoko klontong bu Aminah Desa Kedunglosari Tembelang Jombang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwal, dkk. 2015. Hasil Skripsi “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Showroom Maxin Houseware) Grand City Surabaya. STIESIA Surabaya
Christian, dkk. Artikel “Kontribusi Kualitas Barang, Harga Barang dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Bekas di Barkas Damai Yogyakarta”. Diakses https://Reposroey.usd.ac.id/14132412/, tanggal 10 Desember 2021
Yunia, dkk. 2013. Etika Bisnis Islam. Kencana Prenandia Media Group. Jakarta
Widjajakusuma, dkk. Menggagas Bisnis dalam Pandangan Islam. Gema Insani Press. Bandung
Pusporis. A. 2017. Hasil Skripsi “Pengaruh Kualitas Layanan Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Busana Melalui Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta”.
DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v6i2.2811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/