ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI SEKTOR PERDAGANGAN BERAS SEBAGAI ACUAN PENINGKATAN PENDAPATAN DESA SAMBONG DUKUH KECAMATAN JOMBANG

Siti Munawaroh, Sasi Puspitasari

Abstract


Penelitian ini akan mengetahui sejauh mana ekspansi ekonomi di kawasan perdagangan beras Desa Sambong Dukuh. Studi kualitatif ini bertempat di Desa Sambong Dukuh. Data dikumpulkan dari sumber primer dan sekunder. Para petani dan penjual beras di Desa Sambong Dukuh menjadi fokus penelitian ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan inferensi sebagai teknik analisis data. Hasil temuan mengungkapkan bahwa: Di desa Sambong Dukuh, tengkulak beras berdagang atas nama penggilingan untuk menjual beras kepada petani, yang kemudian menyerahkannya kepada pengepul dan menjualnya kepada konsumen. Meneliti pendapatan dari penjualan beras. Dalam sistem penjualan dan proses produksi beras, pembiayaan penjualan beras adalah biaya bulanan untuk menghasilkan rata-rata beras yang dibagi menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Pemeriksaan keuntungan dilakukan dengan menggunakan penawaran beras khas oleh pedagang setiap bulannya di Penawaran Beras yang menguraikan berapa keuntungan yang diperoleh pedagang dari hasil produksi khas setiap bulannya. Biaya tetap dan biaya yang bergantung pada output (variabel) merupakan biaya produksi bulanan rata-rata, yaitu 8.152.083 rubel.


Keywords


Sektor Ekonomi, Perdagangan Beras, Peningkatan Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Ida Kintamani (2008). “ Analysis of Indonesian Manufacture" Jurnal of Education and Business, No. 072.

Abdul Halim (2020). “ Pengaruh Pertumbuhan in Relation to Economic Kabupaten Mamuju's Development." Jurnal Ilmiah Economic Policy 1: 157–72. https://stiemmamuju.e journal.id/GJIEP/article/view/39.

Badan pusat statistik.2012. Jombang Dalam Angka Tahun 2012.Surabaya. BAPPEDA dan BPS Jatim

Anggraini, R. D. P., R. Wibowo, and M. Rondhi are the authors of BAPPEDA and BPS. Pemasaran Organik Analysis in the Bondowoso Kabupaten Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(5), pages 417–425.

https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.05.7




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i1.3145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/