PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHOPEE

Desfitriady Desfitriady, Winda Nur Afifah, Awalia Latifa Mayda Ikrimah

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Karyawan Dialogue Group Cimahi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengaruh kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif. Pada penelitian ini yang menjadi unit analisisnya adalah individu yaitu Karyawan Dialogue Group Kota Cimahi yang berbelanja online di Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 101 responden. Pengambilan sampel Simple Random Sampling merupakan teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda, selain itu juga dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas instrument penelitian. Hasil perhitungan yang didapat dengan Uji t secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Variabel Kepercayaan (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan pengaruh Variabel Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) juga signifikan. Hasil penelitian Uji F secara simultan bahwa Kepercayaan (X1) dan Kualitas Produk (X2) terdapat pengaruh dan siginifikan terhadap Keputusan Pembelian online pada marketplace shopee pada karyawan Dialogue Group Kota Cimahi

Keywords


Kepercayaan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Manajemen Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2017). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa . Bandung: Alfabeta.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing . 17th red. New York.

Assauri, Sofian. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Desfitriady, Regina Yuliana Sirait. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BRI Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang (KANCA) Cimahi, Vol 17, No. 2.

Erpurini Wala, & Janah Samrotul Wapa . (2022). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Konsumen E-Commerce (Studi Kasus: Pembelian Produk Shopee.id pada Karyawan Borma Toserba Bandung) : Ekonomi dam Manajemen Teknologi, Vol 6, No. 2, 244.

Iswara, Danu. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahaan, Kualitas Informasi, dan Persepsi Resiko terhadap Pembelian. Yogyakarta : Skripsi UNS.

Juni, Donni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1 & 2. Jakarta : Indeks.

Prasetiyo, Budi & Prihatiningtyas, Dita. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Situs Belanja Online Shopee.Co.id (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Belanja Online Shopee.Co.id Di Kabupaten Bandung Barat) : Jurnal Bisnis & Teknologi, Vol. 1 No. 41, 48.

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

Yulindo, Kenshi Poneva. (2013). Pengaruh Atribut-atribut Produk terahadap Keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar di Kota Padang, Vol 2, No 1.




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i2.3157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/