PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN LEMONILO PADA NCTZEN KEDIRI

Cahayati Romadlon, Yulia Effrisanti

Abstract


Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pengaruh brand ambassador dan kulitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen.. Menggunakan metode survei kuantitatif. Peneliti menjadikan 102 orang responden sebagai populasi. Dengan mengambil sampel sebanyakm 82 responden. Cara pengumpulan data dengan menggunakan kusioner atau angket dan dokumentasi. Dinilai melalui uji reliabilitas dan validitas. Uji koefisien determinan (R2), uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji hipotesis (T), dan uji hipotesis (F). Dari penelitian tersebut, dengan nilai signifikansis 0,045 kurang dari 0.05 dan nilai thitung 2,032 lebih besar dari nilai ttabel 1,666, dapat disimpulkan bahwa brand ambassador dan kualitas produk dapat memengaruhi keputusan pembelian mie instan lemonilo oleh penggemar NCT di Kediri. Selain itu, nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0.05 dan nilai thitung 9,752 lebih besar dari nilai ttabel 1,666 pada penggemar NCT di Kediri, menunjukkan bahwa kualitas produk memengaruhi keputusan mereka untuk membeli mie instan lemonilo. Kesimpulannya, kualitas produk memengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Di samping itu, seperti yang ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,549 Itu menunjukkan bahwa sebesar 54,9%, kualitas produk dan brand ambassador dapat memengaruhi keputusan pembelian, dengan 46,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


brand ambassador, kualitas produk, keputusan pembeli

Full Text:

PDF

References


Barata, R.M. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dalam Membangun Brand Image Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembelian Ponsel Pintar Samsung A51). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cahyowulan, S.A.P. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Pada Minat Beli Produk Wrangle Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervering (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yang Kuliah Di Yogyakarta). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Gilang, D.P. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo Di Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wihan Yogyakarta.

Hidayat, R.R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhdap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembeli Gula Aren Sawit Di Desa Simpang Empat Kecamatan Sri Rempah Kabupaten Sergai Provinsi Sumatra Utara)

Nugraha, A.A (2018). Pengaruh Citra Merek Kualitas Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Studi Pada Konsumen Produk Mie Sedap Di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta

Ramadhanty, G.P. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Penggemar Boyband Exo Sebagai Brand Ambassador Nature Republik). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rochmatul, Emy. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dikonveksi Sablon Joko Sanjaya Desa Sumberagung Kecamatan Tanjungan Kabupaten Nganjuk. STKIP PGRI JOMBANG.

Saputra, R. Ekonomi, F. & Riau, U.I (2020). Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: IKAPI




DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i1.3177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/