PERAN FAKTOR MAKRO EKONOMI DALAM MENENTUKAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Ni Wayan Diah Nanda Widyantari, Agus Wahyudi Salasa Gama, Ni Putu Yeni Astiti

Abstract


Harga saham merupakan nilai pada suatu saham perusahaan yang terbentuk karena adanya permintaan dan penawaran atas saham tersebut dan harga tersebut ditentukan pada saat harga penutupan (closing price). Perusahaan yang gopublic bisa menentukan secara jelas seberapa besar nilai perusahaan dengan melihat besarnya harga saham perusahaan tersebut di pasar. Saham perusahaan yang go public sebagai investasi tergolong beresiko tinggi, karena sifatnya sangat dipengaruhi oleh perubahan-perubahan yang terjadi, baik perubahan di luar negeri maupun di dalam negeri. Penelitian ini menguji mengenai pengaruh tingkat suku bunga, inflasi dan nilai tukar terhadap harga saham. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 69 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel dan jumlah amatan sebanyak 276.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat suku bunga dan nilai tukar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham sedangkan inflasi memiliki pengaruh negative terhadap harga saham.

Kata Kunci: Harga Saham, Tingkat Suku Bunga, Inflasi dan Nilai Tukar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v7i2.3342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/