PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan mahasiswa bisa meningkat dengan penerapan model pembelajaran group investigation. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi 2014 B sebanyak 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah akuntansi keuangan pada semester gasal 2017/2018. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan mahasiswa sebesar 34,17%. Model pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga hanya beberapa mahasiswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Dengan diterapkannya model pembelajaran group investigation, pada siklus pertama rata-rata keaktifan mahasiswa meningkat menjadi 62,08%. Pada siklus kedua, rata-rata keaktifan mahasiswa menjadi 83,75%. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation bisa digunakan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v1i2.501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia
Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/