PENGARUH KEBERLANJUTAN USAHA DAN FORCE MAJEUR TERHADAP KREDIT BERMASALAH PNPM MANDIRI PEDESAAN DI KECAMATAN TROWULAN KABUPATEN MOJOKERTO

Diah Dinaloni, Intan Cahyaning Putri

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keberlanjutan usaha dan force majeur terhadap kredit bermasalah PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh keberlanjutan usaha dan force majeur terhadap kredit bermasalah PNPM Mandiri Pedesaan di kecamatan Trowulan Kabupaten Jombang secara parsial maupun simultan. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji t dimana nilai t hitung pada variabel keberlanjutan usaha adalah 4,416 dan nilai t hitung pada variabel force majeure adalah 5,027. Kedua hasil t hitung pada masing-masing variabel tersebut lebih besar dari t tabel (1,681), maka dapat disimpulkan bahwa ada  pengaruh variabel keberlanjutan usaha dan force majeure terhadap kredit bermasalah secara parsial . Dari uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 45,775 lebih besar dari F tabel (3,21), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel keberlanjutan usaha dan force majeure terhadap kredit bermasalah secara simultan. Dari tabel model Summary dapat diketahui bahwa pengaruh variabel keberlanjutan usaha dan force majeure terhadap kredit bermasalah adalah sebesar 68,6%. Dan sisanya sebesar 31,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/jpekbm.v2i1.746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Economics Education of STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirusahaan, Bisnis, dan Manajemen is indexed by:

  
    
     


Dedicated to:

Flag Counter

Web Analytics View My Stats 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/