EFEKTIFITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME (REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mustoinah ., Safiil Maarif

Abstract


Pendekatan RME merupakan pendekatan pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika melalui eksplorasi masalah-masalah nyata. Proses penemuan kembali dikembangkan melalui penjelajahan berbagai persoalan dunia nyata, dunia nyata diartikan sebagai segala sesuatu yang berada diluar matematika, seperti kehidupan sehari-hari, lingkungan sekitar, bahkan mata pelajaran lain dapat dianggap sebagai dunia nyata. Dunia nyata dianggap sebagai titik awal pembelajaran matematikaTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment dengan desain Two-Group Posttest-Only Design. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode tes. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan program SPSS dengan hasil sebagai berikut. Hasil penelitian dengan uji-t didapatkan nilai Sig.(2-tailed) = 0,006. Hal ini berarti nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan (0,006 < 0,05), maka H0 ditolak dan menyebabkan penerimaan Ha. Artinya Pendekatan pembebelajaran RME efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Pendekatan pembelajaran RME, hasil belajar matematika, Efektif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika



OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :

 

Flag Counter 

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/