MODIFIKASI PEMBELAJARAN MEDIA BOLA GANTUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK MULA BAWAH (SERVIS) SEPAK TAKRAW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN TERUSAN 3 GEDEG MOJOKERTO

Bambang Tri Hatmoko

Abstract


Pembelajaran permainan sepak takraw merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah, oleh karena itu dalam rangka menumbuhkan minat peserta didik pada pembelajaran permainan sepak takraw diperlukan bentuk-bentuk modifikasi pembelajaran. Modifikasi pembelajara dibentuk untuk menarik minat peserta didik menumbuhkan rasa senang, sehinga pembelajaran sepak takraw khususnya sepak mula bisa meningkat. Modifikasi yang digunakan yaitu menggunakan media bola gantung, modifikasi tersebut diharapkan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu guru harus mampu mengembangkan modifikasi dan mampu menguasai teknik atau materi ajar, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan hasil belajar peserta didik lebih baik.

Tujuan peneliti adalah mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar sepak mula bawah (service) sepak takraw menggunakan bola gantung. Sasaran peneliti ini pada peserta didik kelas V SDN terusan 3, Gedeg, Mojokerto yang berjumlah sebanyak 20 orang peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dengan tes hasil belajar sepak mula bawah (service) menggunakan siklus.

Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar sepak mula bawah (servis) antara pre-siklus dengan siklus I. Dilihat dari kenaikan pre-siklus yang nilainya rata-rata 60% dan siklus I nilainya rata-rata 80%, maka peningkatan hasil belajar sepak mula bawah (service) yaitu sebesar 20%.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v1i1.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Jasmani & Kesehatan



Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats