stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
KONTRIBUSI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PARTISIPASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES SMPN 1 GUDO | Monica | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

KONTRIBUSI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PARTISIPASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES SMPN 1 GUDO

Lia Monica, Rahayu Prasetiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan partisipasi terhadap hasil belajar penjasorkes SMPN 1 Gudo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMPN 1 Gudo yang memiliki jumlah 24 kelas dimana setiap tingkatan kelasnya masing-masing terdiri dari (A,B,C,D,E,F,G,H) dengan jumlah keseluruhan 768 siswa. Dari jumlah populasi tersebut diambil sampel menjadi 9 kelas perwakilan dari kelas VII,VIII,IX  B C D dengan jumlah 288 siswa untuk mengisi angket kecerdasan emosional (EQ) dan partisipasi.  Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai signifikasi uji korelasi rank spearman variabel kecerdasan emosional (X1) terhadap hasil belajar (Y) menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 atau <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional (X1) memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar (Y). Nilai koefisien korelasi (r) variable kecerdasan emosional (X1) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 0,291. Sedangkan variabel partisipasi (X2) terhadap hasil belajar (Y) menunjukkan nilai sig. sebesar 0,001 atau <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi (X2) memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar (Y). Nilai koefisien korelasi (r) variable partisipasi (X2)  terhadap hasil belajar (Y) sebesar 0,202.  Ada perbedaan kontribusi antara variabel tingkat kecerdasan emosional (EQ) dengan tingkat partisipasi terhadap hasil belajar penjaskes SMPN 1 Gudo. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi tingkat kecerdasan emosional yang lebih baik sebesar 0,291 (lebih mendekati angka 1) daripada nilai koefisien korelasi tingkat partisipasi sebesar 0,202. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan tingkat partisipasi memberikan kontribusi terhadap hasil belajar baik secara sendiri-sendiri maupun bersamasama.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Mudzakir. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Anas Sudijono. (2003). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press

Desmita, El-Idhami. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyogo,Wasis. (2007). Pengembangan Kurikulum Penjas dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Goleman, Daniel. (2000). Emitional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1

Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R  D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. www Statistik, Portal.com (2014 01.21). Sampel acak berstrata atau stratified : Html




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i2.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol