stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS PADA PERMAINAN BOLA BASKET (Studi Peserta Didik SMP Unggulan At-Thoyyibah Mojoduwur Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019 | Wijaya | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

PENGARUH TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS PADA PERMAINAN BOLA BASKET (Studi Peserta Didik SMP Unggulan At-Thoyyibah Mojoduwur Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019

Lucky Wijaya, Nurdian Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran TGfU terhadap hasil belajar Chest Pass bolabasket SMP Unggulan At-thoyyibah Mojowarno Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Unggulan At-thoyyibah Mojowarno Jombang. Adapun instrumen penilaian yang dipakai dalam penelitian ini meliputi aspek psikomotor yaitu penilaian proses dan penilaian hasil chest pass bolabasket.  Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada hasil penelitian ini diperoleh perhitungan hasil pada tabel Paired Samples t Test pada perhitungan tes hasil dan tes proses diperoleh Sig (2tailed) sebesar 0,000. Pengambilan keputusan dari hasil tersebut adalah H0 diterima jika Sig. (2-tailed) ≥ 0,05. Karena nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, berarti 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dengan kata lain Ha diterima. Berdasarkan data tersebut disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Teaching Games for Understanding terhadap hasil belajar chest pass pada permainan bolabasket (studi peserta didik SMP Unggulan At-Thoyyibah Mojoduwur Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik-Edisi Revisi 2013. Jakarta: Rineka Cipta

Autralian Sport School. (2015) Playing For Life Invasion Games Basketball Autralian Government,Journalofsport,(1):Volume1-40, (https://www.sportingschools.

gov.playing-for-life invasion games), diunduh 25 Mei 2018.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: UNESA Press. Media.

Maksum, A. (2018). Statistik Dalam Olahraga. Surabaya: UNESA Press. Media

Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mudzakkir, F. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Under Standing (TGFU) Terhadap Motivasi Belajar Dan Teknik Dasar Passing Dalam Pembelajaran Bola Tangan (Studi Kuasi Eksperimen Pembelajaran Bola Tangan Di SMP Negeri 15 Bandung).Skripsi tidak diterbitkan. Bandung, Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia.

Muhajir. (2016). Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurhasan, (2000). Tes dan Pengukuran Olahraga. Bandung: Universtas Pendidikan Indonesia.

Primasta, G. (2016). Penerapan teaching games for understanding untuk meningkatkan kompetensi keterampilan bermain bola basket pada siswa kelas XI Mia 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta, Indonesia: UNS

Rahayu, E T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Rozak, & Hidayati, (2013). Pengolahan Data dengan SPSS. Jombang.

Setiawan C. (2014). Teaching Games for Understanding (TGFU) (Konsep dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Hal : 54-61. Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta

Saryono & Nopembri. (2009). Gagasan dan Konsep Dasar Teaching Games for Understanding (TGfU). Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Hal: 6-13.

Saryono & Rithaudin. (2011). Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGfU) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan Vol 144 No: 2-144.

Setiono, P. (2014). Pengaruh Penerapan Tecahing Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Jombang. Skripsi diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang

Tomoliyus, (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Bola Basket Konsep dan Metode. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online) (http://staff.uny.ac.id/penelitian/Dr.Tomoliyus,M.S), diunduh 27 Maret 2018.

Usman E Y. (2014). Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Jump Shoot Bola Basket, Skrpsi tidak diterbitkan. Pontianak, Indonesia: Universitas Tanjungpura. Winarno. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang, Indonesia: Lab FIK UM




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i2.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol