stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
EFEKTIFITAS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI DAN KETRAMPILAN SOSIAL PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB NEGERI KEDUNGKANDANG KOTA MALANG | Susanti | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

EFEKTIFITAS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI DAN KETRAMPILAN SOSIAL PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB NEGERI KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

Nanik Susanti, Sismala Harningtyas

Abstract


Jumlah penduduk Indonesia yang mengalami disabilitas sebesar 8,3 persen dari total populasi. Dari jumlah tersebut sekitar 402.817 anak penyandang tunagrahita. Tunagrahita ringan yaitu mereka yang termasuk ke dalam kelompok dengan kecerdasan dan adaptasi sosialnya terhambat. Tingkat kecerdasan IQ anak tunagrahita ringan berkisar 50-70, yang mana mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam pelajaran akademik dan penyesuaian sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan permainan tradisional engklek dalam peningkatan konsentrasi dan keterampilan sosial pada anak tunagrahita ringan. Desain penelitian ini yang digunakan adalah one group pre-post test. Populasinya adalah anak dengan tunagrahita, sampelnya adalah anak tunagrahita ringan sesuai kriteria inklusi dengan teknik sampling purposive sampling sejumlah 20 responden. Tempat penelitian ini dilakukan di SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi untuk melihat pengaruh penggunaan permainan tradisional engklek. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisa data didapatkan nilai p < 0.001 dengan CI 95%, yang artinya ada pengaruh peningkatan konsentrasi dan keterampilan sosial pada anak tunagrahita ringan melalui permainan tradisional engklek. Diharapkan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan, permainan engklek dapat digunakan untuk kegiatan rutinitas anak tunagrahita ringan sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dalam pelajaran akademik dan keterampilan sosial dalam pergaulan di sekolah dan lingkungan sekitar.


Full Text:

PDF

References


Kumar D,Simh N, Scie M. Study of Burden in parent of children with mental retardation.2016

Tula, JJ.(2015). Pelayanan Penyandang Diasabilitas Dalam Menggunakan Berbagai Sarana Aksebilitas.Diunduhmelalui:http:www.kemsos.go.id/modules.php?name=new&file=article&sid=18765.Diakses pada tanggal 12 Januari 2019.

Hidayat, A.A, (2009). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : Salemba Medika

Fadhli, A (2010). Buku Pintar Kesehatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Anggrek

Prabowo, E. (2010). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Edisi 6. Jakarta : EGC

Widiati, CH,Sri, dan Murtadlo.2007. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Jakarta:

Departemen Pendidikan Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Budiman, A. 2008. Pembekalan Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis siswa SMP. Tesis Bandung Universitas Pedidikan Indonesia.

Nazilah, 2007. Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Bermain Peran Di Sekolah Luar Biasa Yapenas : Sleman Yogyakarta.

Diahwati, R.dkk (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Ray, D., Schottelkorb, A., & Tsai, M-H. 2007. Play therapy with children exhibiting symptoms of Attention Deficit Hyperactivity Disorder. International Journal of Play Therapy, 16, 95-111.

Djamarah (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Iswinarti, Fasichah, S.S & Sulismadi. 2010. Permainan Anak TradisionalSebagai Model

Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Sekolah. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun II. Malang: Lembaga Penelitian UMM.

Suharmini.2005.Penanganan Anak Hiperaktif. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Susanto,Ahmad.2012. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i3.1329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol