PENGARUH MODIFIKASI MEDIA KARDUS DAN BAN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Study Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Perak Jombang Tahun Pembelajaran 2018/2019)

Kiki Dwi Cahyo, Arsika Yunarta

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pre exsperimental design dengan menggunakan bentuk two group pretest-posttest design yang bertujuan untuk mencari perlakuan tertentu terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan modifikasi media kardus, ban, dan tanpa media  pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Perak Jombang Tahun Pembelajaran 2018-2019. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dengan memberikan tes lompat jauh gaya jongkok dan dokumentasi hasil tes lompat jauh gaya jongkok pada siswa baik sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan (pretest-postest) dengan sampel sebanyak 90 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh ada pengaruh yang signifikan antara modifikasi media kardus dengan tanpa menggunakan media terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Sedangkan antara media ban (Eksperimen 2) dan tanpa media (Kontrol) diperoleh ada pengaruh yang signifikan antara modifikasi media ban dengan tanpa menggunakan media terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Dan dengan menggunakan uji Anova dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok media kardus, kelompok media ban, dan kelompok tanpa media terhadap rata-rata hasil skor lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Perak Jombang tahun pelajaran 2018-2019.


Full Text:

PDF

References


Andini, Purnomo, & Yunitaningrum. 2013. Pengaruh Permainan Melompati Ban Terhadap Hasil Lompat Juah Pada Siswi Kelas VIII. (Online), (http://jurnal. untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/5795/6601), diakses hari Senin 30 April 2018

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia: PT. Rineka Cipta

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Indonesia; Rineka Cipta

Guthrie, M. 2003. Sukses Melatih Atletik. Pustaka Insan Madani

Huda, S. 2015. Manfaat Permainan Terapeutik Balap Karung Terhadap Peningkatan Kemampuan Lari Sprint dan Lompat Jauh Anak Tuna Grahita Ringan Usia 6-0 Tahun. (Online), (http://jurnal. untan.ac.id/index.php /jpdpb/article/download/5795/6601), diakses hari Sabtu 21 April 2018.

Istiyana, I. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Lompat Juah Gaya Jongkok Melalui Ban Bekas dan Bola Plastik Pada SDN Cokro Tahun Pelajaran 2011/2012. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/18473/1/6102910134.pdf), diakses hari Senin 30 April 2018

Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya, Indonesia: Unesa University Press

Munawaroh. 2013. Metodologi Penelitian. Malang, Indonesia: Intimedia

Muhajir. 2016. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Indonesia: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud

Prasongko, Y. 2015. Pengaruh Permainan Tradisional Benteng Hadang Terhadap Hasil Belajar Lari Sprint 60 Meter. Skripsi tidak diterbitkan.Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Pratama, Y.A & Ferianto, B. 2013. Pengaruh Pembelajaran Modifikasi Dengan Media Kardus Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bojonegoro). (Online), (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diakses hari Selasa 24 April 2018.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta Indonesia: Prenada Media Grup

Sasongko, F.A. 2014. Penerapan Metode Modifikasi Media Olahraga Dalam Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas V SDN 09 Ketahun. (Online), (http://repository.unib.ac.id/9042/2/I%2CII%2CIII %2CII-14fit.FK.pdf), diakses hari Kamis 26 April 2018

Sudarman, Upaya peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain lompat tali pada siswa kelas IV SD Negeri Panginan Kec. Temon Kulon Progo ( Online ) http://repository.unib.ac.id/9042/2/I%2CII%2CIII

%2CII-14-fit.FK.pdf), diakses hari Senin 23 April 2018

Sunaryo. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Bantu Pada Sisa Kelas V SD Negeri Bonagung 2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Oonline), (http://digilib.uns.ac.id), diakses hari Kamis 26 April 2018

Sutanto, T. 2016. Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta, Indonesia: Pusta Baru Press

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta

Suryadi, M.I. 2017. Pengaruh Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Kardus Pda Siswa SMP PGRI 1 Kota Kediri Kelas VII Tahun Ajaran 2016/2017. (Online), (http://simki.unpkediri.ac.id/ mahasiswa/file_artikel/2017/6d7c2e0022cb89b286c936f15a5a61eb.pdf), diakses hari Senin 30 April 2018

Widayati, Hulaten Ratna, Meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui media karet gelang pada siswa kelas V SD N 3 Sojomerto Kec. Gemuh Kab. Kendal tahun pelajaran 2011-2012 (online) (http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/6d7c2e0022cb89b 26527f72h936f15a5a61eb.pdf)




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i3.1330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats