PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR ATLETIK LARI 60 METER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEGALUH JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar atletik lari 60 meter pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 1 Megaluh Jombang sebanyak 192 orang. Dari jumlah populasi diambil sampel sejumlah 31 siswa dengan metode cluster random sampling. Untuk pengambilan data mengunakan instrumen tes berupa lari jarak 60 meter. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 8.563 yang kemudian disamakan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% derajat pembagi d.b = N-1. Maka dapat d.b = 31-1 = 30, nilai t tabel 1.697 dengan didapatkan nilai t tabel sebesar 1.697 Maka lebih besar dari atau t hitung 8.563 > 1.697. Oleh karena itu hipotesis menyatakan bahwa Ha diterima Ho ditolak sedangkan besarnya presentase peningkatan lari siswa yakni sebesar 5,04%. Dari hasil pembahasan analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar atletik lari 60 meter pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Megaluh Jombang tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci : Permainan Tradisional, Hasil Belajar, Lari 60 Meter.
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherman, dan Bahagia. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta : Depdiknas
Suherman, Adang. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta : Depdikbud.
Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta
Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud
Wahab. 2011. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i4.1337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexing:
Office:
Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: [email protected]
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index