stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR ATLETIK LARI 60 METER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEGALUH JOMBANG | Subandrik | Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR ATLETIK LARI 60 METER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEGALUH JOMBANG

Subandrik Subandrik, Faisol Hamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar atletik lari 60 meter pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 1 Megaluh Jombang sebanyak 192 orang. Dari jumlah populasi diambil sampel sejumlah 31 siswa dengan metode cluster random sampling. Untuk pengambilan data mengunakan instrumen tes berupa lari jarak 60 meter. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 8.563 yang kemudian disamakan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% derajat pembagi d.b = N-1. Maka dapat d.b = 31-1 = 30, nilai t tabel 1.697 dengan didapatkan nilai t tabel sebesar 1.697 Maka  lebih besar dari  atau t hitung 8.563 > 1.697. Oleh karena itu hipotesis menyatakan bahwa Ha diterima Ho ditolak sedangkan besarnya presentase peningkatan lari siswa yakni sebesar 5,04%. Dari hasil pembahasan analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar atletik lari 60 meter pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Megaluh Jombang tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci : Permainan Tradisional, Hasil Belajar, Lari 60 Meter.


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, dan Bahagia. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta : Depdiknas

Suherman, Adang. 2000. Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta : Depdikbud.

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta

Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud

Wahab. 2011. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.




DOI: https://doi.org/10.32682/bravos.v7i4.1337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BRAVO'S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing:

 

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani
STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20 Jombang
E-mail: bravos@stkipjb.ac.id
Homepage : https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/penjas/index

View Jurnal Bravo's Stats
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol